nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petuah dari Miliarder: Jadi Orang Sukses Tak Perlu Kerja 80 Jam/Minggu

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 18:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 27 320 2146611 petuah-dari-miliarder-jadi-orang-sukses-tak-perlu-kerja-80-jam-minggu-zss4OgOlXf.jpg Tenaga kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Banyak orang yang ingin mempercepat pekerjaannya hingga mengambil lembur. Namun, hal tersebut tidaklah sesuai dengan trik untuk menjadi sukses.

Pendiri sekaligus CEO Shopify, Lutke Tobias mengatakan, untuk menjadi sukses tidaklah perlu bekerja selama 80 jam per minggu untuk menjadi sukses. Pasalnya, ini membuat pekerjaan tidak efektif terutama yang memerlukan kreativitas.

 Baca juga: Kerja Cuma 4 Hari Seminggu, Bos Microsoft Temukan Keseimbangan Kehidupan Pekerjaan

“Untuk pekerjaan yang menuntut kekreatifan, saya percaya hanya ada 5 jam kerja paling efektif tiap harinya,” tulis Lutke Tobias dalam akun Twitter resminya @tobi, seperti dikutip CNBC, Jumat (27/12/2019).

 Tenaga kerja

Dirinya pun menerapkan di perusahaannya agar karyawan memaksimalkan pekerjaannya hanya dalam waktu 4 jam saja. Hal ini melihat beberapa orang yang berdebat apakah bekerja pada malam hari dengan bekerja di akhir pekan diperlukan sebagai kunci kesuksesan.

 Baca juga: Bikin Usaha? Ini 5 Taktik Negosiasi yang Perlu Diketahui

“Saya tidak pernah bekerja sepanjang malam,” kata Lutke.

“Satu-satunya waktu saya bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu adalah ketika saya memiliki tujuan yang berapi-api. Saya butuh 8 jam tidur semalam," tambahnya.

 Baca juga: 5 Ide Bisnis Sampingan yang Bermula dari Hobi

Sebagai informasi, Lutke memiliki kekayaan sekira USD3,6 miliar atau Rp50,4 triliun (Kurs Rp14.000/USD). Kekayaan tersebut berdasasrkan membangun sebuah perusahaan dengan memperlakukan semua karyawan dengan sama.

Lutke juga menambahkan di cuitannya, “Aku setiap sore pulang pukul 5.30. Pekerjaanku banyak, tapi itu hanya pekerjaan. Keluarga dan kesehatan lebih diprioritaskan," tambahnya.

Tidak hanya Lutke, pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos juga membutuhkan waktu tidur standar atau sebanyak 8 jam.

"Bagi saya, itulah jumlah yang dibutuhkan untuk merasa segar dan bersemangat," kata Bezos.

Bill Gates juga setuju dengan tidur 8 jam per hari dan menghindari tidak tidur semalamam. Meskipun selama hari-hari pertamanya di Microsoft, Gates percaya bahwa tidur adalah "malas," seperti yang ia tulis di dalam blognya.

"Sekali atau dua kali, aku begadang selama dua malam berturut-turut,” ungkap Bill Gates.

Belakangan, ia menyadari bahwa rata-rata orang yang tidur 8 jam, dikombinasikan dengan hampir tidak pernah tidur delapan jam, mengambil korban besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini