nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Orang Sukses, Ini Kebiasaan yang Patut Ditiru

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 320 2154301 belajar-dari-orang-sukses-ini-kebiasaan-yang-patut-ditiru-azzG61BIms.jpg Tenaga kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Menjadi orang sukses pastinya tidak segampang membalikkan tangan. Namun, bila kita terbiasa untuk mengejar tujuan pastinya tidak akan sulit mencapai kesuksesan.

Banyak eksekutif yang menggunakan kebiasaannya untuk menjadikan suatu pekerjaan lebih efisien. Selain itu juga perlunya mengetahui kekuatan masing-masing individu serta proaktif mendapatkan kebahagiaan juga dalam karier.

 Baca juga: Tips Memulai Bisnis di Tahun 2020 bagi Newbie, Cari yang Minimalis

Bila kebiasaanmu belum membuahkan kesuksesan, maka perlu membangun kebiasaan baru. Kuncinya adalah mulai dari yang kecil, pilih satu atau dua kebiasaan yang ingin dijalani.

Oleh sebab itu, melansir Business Insider, Jakarta, Jumat (17/1/2020), berikut kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan para orang sukses yang dapat menjadi rujukan kebiasaan barumu.

 Menuju sukses

1. Bekerja dengan lebih pintar, bukan lebih keras

Eksekutif paling sukses tidak bekerja selama 90 jam seminggu. Mereka mencari cara agar lebih efisien menggunakan waktu.

 Baca juga: Petuah dari Miliarder: Jadi Orang Sukses Tak Perlu Kerja 80 Jam/Minggu

Cara membangun kebiasaan ini : mulai perhatikan kapan kamu paling produktif. Apakah kamu lebih produktif di pagi hari?

Identifikasikan saat-saat ketika kamu melakukan pekerjaan terbaik, perlu waktu satu atau dua jam untuk membuat kerangka itu. Istirahat sama pentingnya. Menyelesaikan pekerjaan secara singkat namun terfokus.

2. Menghargai diri sendiri

Kita masing-masing memiliki sisi uniknya sendiri, jenis pekerjaan dan pikiran terbaik kita.

Cara membangun kebiasaan ini dengan cara bacalah kata-kata yag mengemukakan keunikanmu. Menghargai siapa saya dan nilai dibawa ke dunia. Lakukan setidaknya dua kali sehari setiap hari.

 Baca juga: 9 Sikap Sederhana Bos yang Bisa Jadi Mood Booster

3. Terus belajar

Orang-orang sukses tidak pernah puas dengan keadaan yang sama dalam beberapa waktu. Tidak suka berdiam diri tanpa mengerjakan sesuatu. Mereka terus belajar dan mencari cara untuk tumbuh.

Cara membangunnya dengan cara pikirkan keterampilan yang ingin diasah, dapat ditemukan dengan membaca buku dan video yang membawa keahlianmu ke tingkat lebih tinggi. Cobalah melakukan hal ini dengan lebih menyenangkan dengan mempelajari satu setiap bulan dan memberi hadiah bagi diri sendiri jika telah menyelesaikannya.

4. Proaktif tentang kebahagiaan karier

Dari waktu ke waktu, kita merasa tidak bahagia di tempat kerja. Tetapi orang sukses tidak memikirkan hal ini. Mereka memulai dengan mencari dan mengambil tindakan.

Cara membangun kebiasaan ini : kamu butuh lebih proaktif dengan karier, berarti lebih menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memenuhi tugas-tugas. Atau dengan mencari peran baru sesuai dengan karir.

5. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri artinya keterampilan yang dimiliki seseorang. Memiliki banyak keahlian misalnya bekerja dengan tekun dalam jangka waktu yang lama.

Cara membangun kebisaan ini dengan cara : perhatikan perkataan negatif yang disampaikan kepada diri sendiri. Seperti membandingkan diri dengan orang lain atau menyalahkan diri sendiri.

Katakan hal yang positif kepada diri sendiri. Misalny saya sama bebrakatnya dengan rekan saya. Saya mempunyai keterampilan untuk belajar dari ini dan bergerak maju.

6. Mereka tidak terhalang oleh kegagalan

Orang sukses masing-masing memiiliki daftar kegagalan yang panjang. Mereka tidak goyah oleh rintangan ini, tetapi belajar dari kegagalan itu sendiri.

Cara membangun kebiasaan ini : Jika sulit menemukan peluang untuk berkembang, pikirkan saran yang mungkin diberikan oleh temanmu. Ketika sesuatu tidak berjalan lancar sesuai keinginan, pikirkan apa yang dapat dipelajari dari situasinya.

7. Meminta tanggapan secara berkala

Orang sukses tidak takut akan umpan balik dari rekan, atasan atau bawahan. Jika dilakukan dengan benar, ini bisa menjadi salah satu alat untuk belajar dan tumbuh.

Cara membangunnya : menanyakan umpan balik tentang gaya kepepimpinan kepada teman dengan bertanya misalnya kulitas apa yang benar-benar dinikmati terkait kepemimpinan saya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini