PLN Bakal Stop Pakai BBM, PGN Siap Pasok Gas ke 52 Pembangkit

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 320 2156281 pln-bakal-stop-pakai-bbm-pgn-siap-pasok-gas-ke-52-pembangkit-DTcpBUdNc2.jpg Pembangkit Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk (Persero) siap memasok gas untuk pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Hal itu seiring dengan PLN yang akan mengubah pembangkit listrik yang tadinya menggunakan BBM solar atau diesel menjadi gas.

Baca Juga: Wamen ESDM Minta PLN Pakai Gas untuk Pembangkit Listrik

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar menyatakan program itu sangat bagus, karena akan mendorong percepatan untuk program konversi dari diesel ke gas.

"Rencananya, ada 51 hingga 52 pembangkit listrik yang bakal dikonversi," ujar dia di kantornya, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: PGN-PLN Jalin Kerjasama Tingkatkan Penggunaan Gas untuk Listrik

Kemudian, lanjut dia, dengan penugasan ke PLN tersebut nantinya akan bisa dijalankan dengan lebih baik karena ada agregasi volume untuk 52 titik dengan volume.

"Sekitar 160 MMBTU (million british thermal unit) yang nanti bisa disuplai gasnya ke titik-titik PLN," ungkap dia.

Dia menjelaskan dengan agregasi model tersebut, perusahaan akan dapat melakukan optimalisasi rantai pasok (supply chain) dengan membuat model-model cluster ring di daerah-daerah timur.

"Seperti penyaluran ke Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua bisa lebih ditingkatkan," kata dia.

Dia menambahkan, sumber gas yang bakal disalurkan ke 52 pembangkit PLN di antaranya berasal dari gas bumi (Liquified Natural Gas/LNG) Lapangan Bontang di Kalimantan Timur, Lapangan Tangguh di Papua Barat, dan Lapangan Donggi Senoro di Sulawesi.

"Kami juga sedang berdiskusi bersama PLN dan juga dengan dukungan dari pemerintah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini