Erick Thohir Utak-atik Direksi BUMN, dari Garuda hingga Taspen

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 320 2159067 erick-thohir-utak-atik-direksi-bumn-dari-garuda-hingga-taspen-gcMsZogVtJ.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali membuat gebrakan pada tahun baru ini. Dirinya kembali merombak jajaran direksi perusahaan negara.

Kali ini direksi BUMN yang jajarannya diganti adalah PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen. Dirinya menunjuk Antonius Steve Kosasih resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama Taspen, menggantikan posisi Iqbal Lantaro.

Seperti diketahui, sejak ditunjuk Presiden Jokowi memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir punya target dalam 5 tahun ke depan. Dirinya pun tegas mengatakan, bila BUMN tak capai target maka direksinya akan dirombak.

Baca Juga: Penggemar Kobe Bryant, Erick Thohir: Dia Pemain Terbaik Dunia

Oleh karena itu, alasan sering merombak BUMN karena para direksi dan komisaris BUMN sebelumnya tidak menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditetapkan.

Kedua, pengurus perusahaan itu menyalahi tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG). Erick menyatakan, penyimpangan GCG yang sering terjadi adalah mempercantik laporan keuangan atau window dressing.

Untuk kasus kedua ini, Erick buktikan pada perombakan direksi Garuda Indonesia. Di mana direksinya termasuk Direktur Utama perseroan kedapatan menyelundupkan barang ilegal ke dalam pesawat Garuda. Karena masalah itu, Dirut dan 3 direksi lainnya langsung dipecat.

Baca Juga: Erick Thohir Kenang Pertemuan Terakhirnya dengan Kobe Bryant

Pada awal tahun ini, Okezone mencatat ada beberapa perusahaan yang direksi dan komisarisnya sudah diganti. Di antaranya Perusahaan Gas Negara (PGN), PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Indonesia, Garuda Indonesia dan PT Taspen.

Berikut daftar terkait perombakan direksi tersebut dalam waktu akhir Desember 2019 hingga awal Januari 2020:

1. Direksi ASDP Indonesia Ferry

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat dua direksi baru di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Kedua orang yang dipercayakan sebagai direksi baru ialah Wahyu Wibowo dan Kusnadi Chandra Wijaya.

Wahyu Wibowo yang sempat menjadi Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN ini akan menjabat sebagai Direktur SDM dan Layanan Korporasi di ASDP. Sedangkan Kusnadi Chandra Wijaya yang sebelumnya seorang pejabat karir di ASDP akan menempati posisi sebagai Direktur Teknik dan Fasilitas.

Penunjukkan kedua direksi baru merujuk pada Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor SK-338/MBU/12/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT ASDP Indonesia Ferry.

2. Direksi Pelni

Kementerian BUMN melakukan perombakan pada dua posisi direksi Pelni. Erick Thohir telah memberhentikan Harry Boediarto Soewarto dari jabatan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut serta Tri Andayani dari jabatan Direktur Keuangan.

Kemudian Menteri BUMN menempatkan penggantinya yaitu Masrul Khalimi sebagai Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, lalu Ony Suprihartono sebagai Direktur Keuangan.

Perombakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-339/MBU/12/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

3. Tunjuk Mantan Wamen ESDM

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu hasilnya memutuskan untuk mengangkat Arcandra Tahar sebagai Komisaris Utama perseroan mengganti IGN Wiratmaja Puja.

Sebelum dipilih menjadi Komisaris Utama, Arcandra Tahar sempat menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM.

"Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN dan pengumuman ke Bursa Efek Indonesia, pemegang saham, dan media massa, hari ini kami menggelar RUPSLB untuk pergantian Komisaris Utama. Semuanya berjalan lancar. Para pemegang saham yang berwenang, menyetujui keputusan telah yang tetapkan,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, Selasa, (21/01/20).

4. Dirut Baru Garuda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengharapkan Irfan Setiaputra bisa membawa kinerja Garuda Indonesia lebih baik lagi. Usai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) hari ini, Garuda Indonesia

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi,” ujar Erick.

Selain itu, Erick juga menunjuk mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Garuda Indonesia.

5. Direksi Baru Taspen

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Antonius Steve Kosasih sebagai Direktur Utama Taspen, menggantikan posisi Iqbal Lantaro.

Selain pucuk pimpinan, Erick Thohir juga melakukan perubahan pada seluruh jajaran direksi. Posisi Direktur Operasional kini ditempati Mohamad Jufri, yang sebelumnya diisi oleh Ermanza.

Jufri sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi Informasi, dan Kepatuhan, yang kini jabatan tersebut diisi oleh Feb Sumandar.

Sedangkan jabatan Direktur Keuangan kini ditempati oleh Patar Sitanggang, menggantikan Helmi Imam Satriyono. Serta, posisi Direktur Perencanaan dan Atkuaria kini diisini oleh Wahyu Tri Rahmanto, menggantikan posisi Dodi Susanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini