Wabah Virus Korona, Menaker: Pekerja Migran RI di China dalam Kondisi Sehat

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 320 2163124 wabah-virus-korona-menaker-pekerja-migran-ri-di-china-dalam-kondisi-sehat-37tl9semGY.jpg Ilustrasi Pekerja Migran (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menggelar telekonferensi dengan para petugas Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) perwakilan pejabat RI di sejumlah negara Asia, seperti Taiwan, Singapura, Korea Selatan, Hong Kong dan Malaysia.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Korona, Mentan Waspadai Masuknya Barang secara Ilegal

Hal tersebut, untuk memonitor kondisi pekerja migran Indonesia dengan merebaknya virus korona atau corona virus.

Ida memastikan kondisi tenaga kerja Indonesia di China maupun negara lain yang terdampak virus corona dalam keadaan baik.

Baca Juga: Antisipasi Virus Korona, Bank Sentral China Turunkan Tingkat Suku Bunga ke 2,4%

"Jadi, kami pastikan seluruh pekerja migran dalam kondisi sehat. Kami juga memastikan bapak ibu Atnaker melakukan komunikasi intens dengan para pekerja migran kita," ujar Ida di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Kemudian, lanjut dia, pihaknya akan menyediakan layanan 24 jam terkait pengaduan terhadap virus korona yang berkaitan dengan pekerja migran Indonesia.

"Dalam upaya pencegahan virus corona, kami (Kemnaker), sudah koordinasi intensif baik lisan maupun tertulis dengan para atase teknis, kepala bidang ketenagakerjaan di 12 negara. Yang tetap di bawah koordinasi perwakilan RI setempat," ungkap dia.

Dia juga meminta para petugas ketenagakerjaan di luar negeri bisa berkoordinasi dengan baik dalam kasus virus korona terhadap para pekerja Indonesia di sana.

"Ini kami lakukan sebagai bentuk koordinasi dalam upaya memberikan perlindungan kepada pekerja migran kita," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini