nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Terlibat Skandal yang Hancurkan Bisnis, Harus Pegang Komitmen!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 15 320 2168834 jangan-terlibat-skandal-yang-hancurkan-bisnis-harus-pegang-komitmen-AobWxQDI0o.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyak hal yang menyebabkan bisnis tumbang dan bangkrut. Salah satunya yaitu akibat terkena skandal.

Para pebisnis ulung banyak yang terpuruk akibat skandal. Semakin dekat dengan kekuasaan dan kesuksesan, maka akan semakin banyak pula godaan yang menghampiri.

Baca juga: Ingin Bisnis Kedai Kopi? Ini Perhitungannya

Seperti dikutip buku '101 TIPS FOR WOMAN INC' karya Jubile Entreprise yang terbit tahun 2008, buatlah komitmenlah dengan diri sendiri untuk mendapatkan kesuksesan dengan cara yang benar.

Selalu ingatlah akan komitmen ini. Seperti yang diketahui, untuk mencapai kesuksesan banyak godaan yang datang. Jika sudah tanamkan komitmen dalam diri, hal ini bisa menjauhkan pebisnis dari skandal suap.

Lalu, pebisnis harus berteman dengan orang-orang yang bisa dipercaya. Bertemanlah juga di lingkupan yang baik.

Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Harus Punya 7 Sifat Dasar Ini

Tanamkanlah ke dalam diri bahwa relasi beda dengan teman. Teman selalu ada baik suka maupun duka, sedangkan relasi adalah pasar untuk keperluan bisnis atau karier.

Selain itu, jangan pernah coba melakukan hal-hal yang buruk. Mungkin akan ada yang mengajak untuk berbuat tak baik, walaupun akan mendapatkan keuntungan. Jika diajak oleh siapa pun untuk melakukan hal tersebut, tolaklah secara tegas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini