Soal Lockdown, Menko Luhut: Kita Belum Pada Kondisi Itu

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 320 2185465 soal-lockdown-menko-luhut-kita-belum-pada-kondisi-itu-IYvdDWcwn2.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA โ€“ Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah Indonesia tidak akan menerapkan kebijakan lockdown atau penguncian dalam waktu dekat. Menurutnya, pemerintah akan melihat dari berbagai sudut pandang sebelum mengambil kebijakan.

โ€œKita belum sampai dalam kondisi itu, tentu pemerintah menghitung aspeknya, pemerintah melihatnya dari semua sudut, kebijakan yang dibuat pasti yang terbaik,โ€ kata Luhut dalam konferensi video, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Siapkan Stimulus Ketiga Tangkal Corona, Sri Mulyani: Fokus di Kesehatan

Dia meyakini Indonesia bisa melawan virus korona seperti negara lain. China misalnya, kata Luhut, mereka bisa melawan virus korona karena masyarakatnya disiplin. Untuk itu dia berharap masyarakat Indonesia bisa disiplin dalam mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah.

โ€œBetapa China membaik karena disiplin, Korsel juga membaik cepat karena disiplin juga, jadi patuhi imbauan dan anjuran pemerintah,โ€ ucapnya.

Baca juga: Anggaran Penanganan Virus Corona di Indonesia Diperkirakan Sebesar Rp27 Triliun

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan belum berpikir untuk mengisolasi atau mel-lockdown daerah yang terdampak virus korona (Covid-19).

"Belum berpikir ke arah sana," kata Jokowi.

Jokowi menghargai respons cepat pemerintah daerah (Pemda) dalam menangani pasien virus korona. "Belum berpikir ke arah sana (lockdown), tapi saya sangat menghargai seluruh kementerian/lembaga,, termasuk pemda," imbuhnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini