Presiden Jokowi Minta Data Bansos Dibuka secara Transparan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 320 2208775 presiden-jokowi-minta-data-bansos-dibuka-secara-transparan-zBBz7uDmlh.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti soal data penerima bantuan sosial (bansos). Masalah data penerima memang menjadi hal yang krusial dalam penyaluran, di mana terjadi tumpang tindih dalam penyaluran bansos ini.

"Saya juga minta data penerima bansos dibuka secara tranparan," jelas Presiden dalam telekonferensi, Senin (4/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Saya Minta Penyaluran Bansos Semakin Cepat

Dia juga meminta agar data penerima bansos ini diperjelas, karena ada beberapa program yang digencarkan oleh pemerintah untuk mengantisipasi covid-19.

"Siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa. Sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan. Dan kita bisa melakukan segera koreksi di lapangan," sebut dia.

Presiden juga menginstuksikan semua pejabat terkait untuk turun tangan langsung memastikan bansos yang disalurkan tepat sasaran. "Dan saya minta Mensos juga gubernur, bupati, walikota, camat sampai kepala desa turun ke lapangan menyisir," sebut dia.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Presiden Jokowi Minta Monitor Klaster Pekerja Migran hingga Industri

Selain itu, dia juga meminta pemerintah daerah dapat fleksibel dalam penyaluran bansos. Tujuannya agar ada solusi jika terjadi perbedaan data di lapangan.

"Saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah. Agar kalau ada warga yang miskin yang belum dapat segera bisa dicarikan solusinya," kata dia.

Presiden Jokowi Pimpin Ratas Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini