Permintaan Berkurang, Pengusaha Pastikan Logistik Laut Tetap Berjalan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 31 320 2222377 permintaan-berkurang-pengusaha-pastikan-logistik-laut-tetap-berjalan-icfTiY5rA0.jpg Kontainer (Reuters)

JAKARTA - Transportasi laut sebagai tulang punggung logistik nasional tetap beroperasi mendistribusikan kebutuhan ke seluruh wilayah Indonesia. Walaupun, dalam kondisi yang tidak biasa di tengah pandemi Covid-19.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberi kelancaran logistik telah bekerja sangat keras dan mengambil kebijakan yang tepat. Melalui Permenhub No 18 tahun 2020, Kemenhub memastikan distribusi logistik tetap harus berjalan seperti biasa di seluruh wilayah Indonesia.

 Baca juga: Jadi Jalur Logistik, PUPR Mantapkan Jalan Sabuk Merah di Perbatasan NTT

Menurut Ketua Indonesian National Shipowners' Association (INSA)/Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia, Carmelita Hartoto, Indonesia patut bersyukur bahwa pasokan logistik. Khususnya bahan pokok sangat terjamin.

"Jumlah kargo berkurang karena turunnya permintaan, namun tetap berkomitmen mengangkut komoditas logistik ke seluruh penjuru nusantara," ujarnya mengutip akun instagram Kemenhub, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

 Baca juga: Curhatan Pengusaha: Kapal Pembawa Logistik Kok Ditangkap?

Dirinya pun mengapresiasikan kebijakan pemerintah bahwa sektor logistik tidak mengalami hambatan ataupun pembatasan. Meski sektor transportasi penumpang harus mengalami pengaturan yang ketat untuk tekan sebaran Covid-19.

"Namun kami telah memastikan pasokan barang dan kebutuhan pokok dari Aceh sampai Papua terpenuhi dan tidak terjadi kelangkaan," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini