Cegah Gelombang PHK Besar-besaran, Jokowi Andalkan Industri Padat Karya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 320 2223775 cegak-gelombang-phk-besar-besaran-jokowi-andalkan-industri-padat-karya-KMerw7CalG.jpg Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajarannya untuk memperhatikan sektor industri padat karya. Sebab, sektor industri ini banyak sekali menampung tenaga kerja di Indonesia.

Menurut Jokowi, jika sektor industri padat karya berjalan maka bisa memutus gelombang PHK. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemulihan Ekonomi Nasional Penting Cegah PHK

Sebab, tak ada PHK yang terjadi maka daya beli dan konsumsi rumah tangga tetap terjaga. Sementara itu, konsumsi rumah tangga menjadi salah satu komponen pendongkrak perekonomian.

"Hati hati. Sekali lagi untuk industri padat karya. Karena sektor ini menampung tenaga kerja yang sangat banyak sehingga goncangan sektor ini akan sangat terdampak pada para pekerja dan tentu saja ekonomi keluarganya," ujarnya dalam rapat terbatas virtual, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Ekonomi RI Jangan Sampai Minus, Presiden: Kalau Bisa Rebound

Oleh karena itu lanjut Jokowi, dirinya ingin agar program pemulihan ekonomi dilaksanakan sesegera mungkin, sehingga, para pengusaha termasuk sektor industri bisa kembali beroperasi.

"Program pemulihan ekonomi nasional memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha utamanya sektor industri padat karya agar mereka dapat mampu beroperasi," jelasnya.

Menurut Presiden Jokowi, beroperasinya kembali industri akan menghindari adanya gelombang PHK yang masif. Sebab, para pelaku industri ini akan memanggil kembali atau butuh tenaga kerja lagi untuk operasionalnya.

"Ini penting dan mencegah terjadinya PHK yang masif," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini