Share

Besok Mulai Beroperasi, Begini Cara Naik Kereta Jarak Jauh

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 320 2228430 besok-mulai-beroperasi-begini-cara-naik-kereta-jarak-jauh-KuGwSAKGjW.jpg Adaptasi Kebiasaan Baru di Stasiun Kereta Api. (Foto: Okezone.com/KAI)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia menyusun langkah-langkah adaptasi kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di wilayah stasiun dan saat di dalam perjalanan KA. Hal ini menyusul akan kembali dioperasikannya KA Reguler dan KA Jarak Jauh secara bertahap mulai 12 Juni 2020.

“Meski KA Reguler beroperasi di tengah pandemi, KAI tetap bertekad melayani masyarakat yang melakukan perjalanan kereta api dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai tujuan,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangannya, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Jarak Jauh, Jangan Lupa Surat Rapid Test

Joni menambahkan, seluruh prosedur yang disusun telah menyesuaikan dengan seluruh aturan yang ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui perjalanan kereta api.

Joni mengatakan, setiap penumpang KA Jarak Jauh maupun Lokal diharuskan dalam kondisi sehat, (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Baca Juga: Rute KA Jarak Jauh Beroperasi 12 Juni, Cek di Sini

Setiap penumpang agar rutin mencuci tangan di tempat yang telah tersedia di stasiun, tetap membawa hand sanitizer pribadi, menjaga jarak saat duduk di ruang tunggu dan saat mengantre.

“Petugas announcer baik di stasiun maupun di atas KA, senantiasa mengumumkan perihal ketentuan ini kepada penumpang,” ujar Joni.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini