Share

Tak Hanya Enak, Jualan Masakan Pedas Glien Laris Berkat Interaksi di Medsos

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2248070 tak-hanya-enak-jualan-masakan-pedas-glien-laris-berkat-interaksi-di-medsos-MuEclXCQdc.jpg Salah Satu Makanan Kreasi Glien. (Foto: Okezone.com/Glien)

JAKARTA – Menjalani hobi yang kita sukai memang sangat menyenangkan. Apalagi bagi yang suka memasak, bisa kapanpun makan tanpa harus beli dari luar.

Selain irit, hobi memasak ternyata bisa menghasilkan uang loh. Dengan membuka usaha atau bisnis masakan rumahan.

Saat ini, bisnis masakan rumahan sedang booming dan digemari oleh masyarakat khususnya para ibu muda. Selain modalnya sedikit, peminatnya juga cukup banyak.

Baca Juga: Pelajari Jenis Pasar Online dan Celah yang Harus Dikuasai

Mengingat tidak semua orang bisa memasak, namun tetap membutuhkan variasi makanan untuk dirinya atau keluarganya. Apalagi saat situasi pandemi seperti ini yang memaksa orang untuk tidak berpergian ke luar rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Salah satu ibu muda yang menjalani bisnis makanan rumahan adalah Disfiyant Glienmourinsie yang merupakan owner dari Dapur Makaro. Wanita yang membuka bisnis lauk pauk pedas ini memulai usahanya atas dasar hobi.

Dapur Makaro

"Kalau awal mulanya saya hobi masak, simpelnya gitu aja sih saya hobi masak," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (17/7/2020).

Wanita yang kerap disapa Glien ini pun lanjut menceritakan awal bisnis makanan rumahannya. Dirinya memasak masakan pedas sesuai hobi yang dijalani dan malah menjadi nilai tambahnya. Di samping itu, ada teman-teman yang menjadi influencer.

"Dan waktu itu sempat gabung ke komunitas ibu-ibu di salah satu grup itu ternyata ada influencernya juga," ucapnya.

Baca Juga: Renyahnya Bisnis Camilan, Ikuti 5 Cara Ini agar Untung Banyak

Menurut Glien, suatu waktu pernah memasak dan mempostingnya di Instagram. Seketika, para teman-temannya termasuk yang influencer ini membalas Instastory-nya dan ingin mencoba.

Setelah itu, dirinya mengirim makanan kepada temannya tersebut. Tak disangka temannya suka dengan hasil masakan dan menyarankan untuk menjualnya.

"Beberapa teman-teman ada influencer. Abis itu gue masak saya posting di Instagram abis itu temen yang influencer itu ngomong coba dong mau nyoba masakannya akhir saya kirim masakannya ke sana. Terus dia bilang suka, approv. Abis itu dia malah yang ngasih ide kenapa enggak dijual aja," jelas Glien.

Setelah itu, dirinya pun mencoba memasak beberapa menu untuk dijual. Sebagai langkah awal dan percobaan membuka open pre order (PO) untuk dua menu yakni cumi marah dan sambel teri.

Setelah itu, ada beberapa menu yang dikembangkan oleh Glien hingga saat ini. Seperti nasi bakar, Mentai hingga empal suwir.

"Sampai akhirnya menciptakan waktu itu cumi matah sama sambel teri. Jadi dua menu itu yang cikal bakal Dapur Makaro waktu. Jadi waktu itu basicly tuh pengennya makanan rumahan aja kaya misalnya lauk yang pedes gitu karena kan kalau misalnya liat feed Instagram kan semuanya masakannya pedes. Simpel sih karena suka pedes masak itu ya sudah," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini