Jangan Terkecoh, Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Asuransi Mobil

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 320 2250463 jangan-terkecoh-ini-yang-harus-diperhatikan-sebelum-beli-asuransi-mobil-uvsqoIyYA7.jpg Asuransi (Foto: Reuters)

JAKARTA – Kecelakaan dan kehilangan kendaraan menjadi alasan seseorang membeli asuransi mobil. Apalagi jika mobil yang dimiliki adalah mobil mewah yang harganya miliaran rupiah.

Karena harga super car sangat mahal, tentu pemiliknya rela membeli asuransi untuk perlindungan kendaraan secara maksimal agar menghindari adanya insiden tertentu. Sebab super car biasanya membutuhkan bengkel khusus, alhasil biaya yang diperlukan juga tidak sedikit.

Baca juga: Perusahaan Asuransi Kena Sanksi bila Tak Punya Direktur Kepatuhan

Dalam hal ini, penting untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat. Seperti dikutip dari buku "Memahami & Memilih Produk Asuransi" oleh Khotibul Umam, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Memilih asuransi kendaraan tidaklah mudah, apalagi di tengan persaingan ketat saat ini, hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kendaraan unggulan yang ditawarkan.

Calon nasabah tinggal memilih asuransi yang mana yang layak diambil. Untuk itu, berikut ini beberapa panduan agar tidak salah dalam memilih asuransi kendaraan:

Baca juga: OJK Sebut Baru 25 Perusahaan Asuransi yang Miliki Direktur Kepatuhan

1. Calon nasabah jangan terpaku pada tarif premi murah. Sebab, dalam persaingan perusahaan asuransi, penawaran berupa banting harga, menawarkan tarif premi murah merupakan hal umum yang dilakukan. Padahal, belum tentu ada jaminan pelayanan.

2. Lihat paket asuransi yang ditawarkan. Misalnya, luas jaminan sampai berapa banyak. Sebab, luas jaminan ini harus disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan calon nasabah.

3. Lihat pula jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Misalnya, berapa banyak rekanan, sehingga begitu ada klaim tidak menunggu lama, guna memperbaiki kendaraan atau melaporkan kendaraan yang hilang.

4. Bisa ditanyakan lebih dahulu tentang kemudahan, fasilitas, atau nilai tambah apa yang bisa diperoleh bila membeli polis di perusahaan itu. Misalnya, apakah ada mobil derek, mobil pengganti atau hotline service, jasa montir, dan lain sebagainya, serta yang tidak kalah penting adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan serta kemudahan dalam bertanya.

5. Perlu dipertimbangkan pula bonafiditas perusahaan asuransi yang bersangkutan. Jangan sampai begitu ada klaim, bengkel rekanan pun tidak punya. Padahal kondisi keuangannya sudah parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini