Tugas Khusus Satgas dari Jokowi, Ekonomi Kuartal III Jangan Sampai Negatif!

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 20 2254101 tugas-khusus-satgas-dari-jokowi-ekonomi-kuartal-iii-jangan-sampai-negatif-ZbQ7IsThYi.jpg Satgas Kawal supaya Ekonomi Tidak Tumbuh Negatif. (Foto :Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III memiliki kesempatan untuk tumbuh dan tidak negatif. Asalkan, rasa aman di masyarakat tumbuh di tengah pandemi virus corona.

"Satgas Ekonomi diberikan pesan khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar bisa menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama karena di kuartal III sampai akhir bulan September ini penting sekali dijaga agar pertumbuhannya sebisa mungkin jangan sampai negatif," ungkap Budi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu(29/7/2020).

Baca Juga: Satgas Ekonomi Kawal Bantuan untuk Jaga Pendapatan Masyarakat

Sambung dia, faktor rasa aman di masyarakat merupakan kunci agar pertumbuhan ekonomi di kuartal III tidak negatif.

"Karena dengan adanya rasa aman, masyarakat bisa berani keluar, melakukan kontak fisik, dan aktivitas ekonomi berputar kembali. Kontak fisik yang digantikan dengan kontak virtual belum bisa menyamai level aktivitas ekonomi layaknya kontak fisik yang biasanya," tambah Budi.

Baca Juga: Bansos Baru, UMKM Akan Dapat Duit Rp2,4 Juta dan Korban PHK Rp2 Juta

Akibatnya, semakin lama rasa aman terbangun kembali, akan semakin banyak ruang fiskal pemerintah yang dipakai untuk menjembatani, karena aktivitas ekonomi belum kembali. Tetapi, sambung dia, kalau rasa aman ini lebih cepat dibangun, akan lebih mudah dan cepat mengajari masyarakat dengan perubahan perilaku yang lebih baik dan protokol kesehatan yang lebih disiplin.

"Sehingga dengan demikian, mereka akan keluar, kembali melakukan kontak fisik, dan aktivitas ekonomi berputar kembali, jadi ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal," tutur Budi.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini