Kisah Pilot Alih Profesi Jadi Tukang Kopi 'Starling'

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 320 2263858 kisah-pilot-alih-profesi-jadi-tukang-kopi-starling-iRvjeRVjFK.png Denny yang Tadinya Pilot Beralih Jadi Penjual Kopi di Wamena. (Foto: Okezone.com/Chanry Andrew)

PAPUA - Wabah Covid-19 membuat seluruh aspek kehidupan luluh lantah. Tapi semangat untuk bertahan hidup tak boleh luntur dengan kondisi saat ini.

Seperti yang dilakukan Denny Jigiblaom. Putera asli Papua ini sebelumnya berprofesi sebagai pilot maskapai Trigana Air Service.

Tapi karena sektor penerbangan sangat terkena dampak pandemi, dirinya menjadi salah satu dari ratusan pilot dan ribuan pekerja yang terkena imbas Pemutusan Hubungan Kerja atau dirumahkan.

Baca Juga: Buka Usaha Es Buah, Modal Kecil Untungnya Enggak Main-Main

Dalam mempertahankan hidup di tengah pandemi Covid-19, Denny memutuskan untuk berjualan kopi keliling di alun-alun kota Wamena. Sejumlah varian rasa ditawarkan dari Kopi Tyom yang dikelola Denny.

Pilot

Dj sapaan akrab Denny Jigibalom mulai berujualan kopi keliling dari 16.00 WIT hingga 20.00 WIT. Dirinya menjajakan kopi khas Pegunungan Tengah Papua dengan mengendarai mobil antik Landcruiser miliknya.

Baca Juga: 6 Bentuk Promosi Usaha Rumahan, Nyebar Brosur hingga Ikuti Pameran

Perusahan tempat Denny sebelumnya terpaksa menghetikan sementara pelayananan penerbangan ke pedalaman-pedalaman di Pegunungan Tengah Papua. Imbasnya, Denny yang merupakan pilot pesawat berbadan kecil atau twin otter pun terpaksa harus beristirhat sementara waktu.

Pilot yang sudah menerbangkan pesawat berbadan kecil jenis Twinn Otter selama 10 tahun ini sempat tertekan dengan keadaan yang kian tak pasti. Kondisi tersebut membuat Denny harus memutar otak bagaimana menghidupi keluarganya dan berujung dengan mencoba menjajakan kopi keliling di Lembah Baliem.

Sebelum menjadi pilot, Denny merupakan seorang penggiat kopi Tyom. Dirinya mulai menekuni usaha kopi sejak 1995 melalui perjuangan pahit dan manis.

Dengan berjualan kopi keliling ini, selain untuk bertahan hidu Denny juga berupaya terus memperkanalkan kopi Tyom kepada masayarakatnya di daerah Pegunungan Tengah Papua untuk dapat mengetahui kualitas kopi mereka dan mereka dapat kembali berkebun dan mengembangkan potensi tanaman kopi yang mempunyai nilai jual cukup tinggi.

Pilot

Saat ini orderan untuk kopi papua dengan brand kopi Tyom lama kelamaan semakin diminati pembeli. Kopi Tyom milik Denny sudah di pasarkan hingga luar Papua, dengan permintaan pasar yang cukup tinggi membuatnya cukup kewalahan apalagi di tengah Pandemi saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini