Untung Rugi Menabung di Celengan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 320 2264924 untung-rugi-menabung-di-celengan-wuDOwEFsnO.jpg Celengan (Shutterstock)

JAKARTA - Jika mendengar kata 'menabung' pastinya semua akan langsung terngiang dengan 'celengan'. Walaupun celengan sendiri sudah jarang digunakan saat ini.

Memperingati Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus ini, tentunya masyarakat harus semakin sadar mengenai pentingnya menabung sejak dini.

 Baca juga: Liburan Long Weekend ke Puncak Macet-macetan, Rugi Enggak?

Apalagi jika dimasa yang akan datang, ditpertemukan dengan kondisi yang tidak menentu. Individu harus mempunyai sejumlah persiapan dana dan tabungan untuk itu.

Salah satu cara tradisional menabung yakni menggunakan celengan. Bisa yang terbuat dari tanah liat, besi atau bambu yang dibuat semenarik mungkin.

 Baca juga: Long Weekend Banjir Diskon tapi Gajian Masih Lama, Harus Ngapain?

Namun umumnya, celengam dipergunakan untuk kalangan anak-anak. Seperti yang dikatakan olehAndreas Freddy Pieloor Chief Financial Counselor, MONEYnLOVE Financial Consultan, dirinya mengatakan bahwa penggunaan celengan sangat efektif untuk diterapkan pada anak-anak.

"Celengan ya bagus untuk didik anak-anak, bangun konsep ke anak untuk 'punya rencana'," papar Andreas saatdihubungi oleh Okezone, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Menurutnya, celengan untuk anak bisa sebagai wadah menabung sekaligus media pembelajaran untuk anak. Namun, jika diaplikasikan kepada orang tua cara tersebut kurang efektif jika untuk menabung hingga jutaan rupiah.

"Kalau buat taruh uang belanja harian ya boleh saja, tapi kalau sudah jutaannya tidak efektif ya," jelas Andreas.

Sama halnya seperti yang dikatakan oleh Perencana Keuangan Oneshildt Financial Mohamad Andoko, menurutnya, penggunaan celengan sebenarnya mempunyai banyak risiko. hal ini dikarenakan menabung yang efektif akan balik kepada diri masing-masing.

"Tentunya, disiplin menjadi kunci terpenting dalam hal menabung," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini