Pengelola Perkantoran Diminta Perbaiki Sirkulasi Udara demi Cegah Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 470 2280358 pengelola-perkantoran-diminta-perbaiki-sirkulasi-udara-demi-cegah-covid-19-rnseYnfy9W.jpg Perkantoran (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memperkirakan bahwa masa kritis penularan Covid akan masih berlanjut hingga tiga bulan mendatang. Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan meminta agar pemerintah daerah (Pemda) mewajibkan perkantoran memperbaiki sirkulasi udara di kantor.

Hal ini berdasarkan ahli epidemiologi, sirkulasi udara ini harus diperhatikan karena merupakan salah satu media penyebaran covid-19.

"Di sisi lain saya meminta ke Pemda untuk melakukan tindakan preventif untuk mengimbau kepada pemilik dan pengelola gedung perkantoran untuk memperhatikan sirkulasi udara," ujar Luhut dalam video virtual, Jumat (18/9/2020) malam.

Baca Juga: Masyarakat Bakal Bebas Bayar Cicilan KPR 

Dia melanjutkan pemerintah akan terus mengendalikan penularan virus corona melalui pengetatan protokol kesehatan dengan didukung oleh BNPB, TNI AD, Polri, serta Pemerintah Daerah setempat. Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan bahwa masih ada beberapa masyarakat di Indonesia yang percaya bahwa mereka tidak akan tertular covid-19.

"Hingga Desember 2020, kita harus menjaga satu sama lain dan harus kita upayakan jangan sampai ada outbreak (wabah),” bebernya.

Luhut menekankan masyarakat harus sadar bahwa virus covid-19 merupakan virus berbahaya, utamanya bagi orang yang rentan.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekerja dan melakukan aktifitas dari rumah. Dengan itu kita bisa menyelamatkan 85% masyarakat di Indonesia,” jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini