Bisnis Sepeda dari Limbah Kayu, Untungnya Enggak Bohong

Toiskandar, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 455 2282883 bisnis-sepeda-dari-limbah-kayu-untungnya-enggak-bohong-fyWN1qKwxQ.jpg Sepeda Kayu (Foto: Toiskandar/Okezone.com)

INDRAMAYU – Kegiatan bersepeda saat ini banyak diminati di tengah Pandemi. Salah satu warga yang berasal dari Desa Lobener Lor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, membuat sepeda yang dibuat dari limbah kayu.

Sebelum dibuat menjadi sebuah sepeda, bahan dasar kayu yang digunakan tidak sembarang melainkan menggunakan kayu pinus. Kayu pinus yang sudah kering dibuat menyerupai rangka sepeda menggunakan gergaji.

Baca Juga: Larangan Masker Scuba di KRL Justru Buat Pedagang Untung

Tingkat kesulitan pembuatan sepeda ini juga bervariasi, mulai dari lingkaran roda sepeda, setir hingga lubang pedal sepeda. Diakui Wartono sebagai pembuat sepeda limbah kayu tersebut, pembuatan sepeda ini membutuhkan waktu satu bulan untuk satu unit sepeda. 

Maka dari itu, tak heran jika harga jual dari sepeda jenis in cukup terbilang mahal.

sepeda

"Satu unit sepeda kayu harganya Rp3,5 juta hingga Rp5 juta tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan sepeda," kata dia, Kamis (24/9/2020).

Untuk memastikan sepeda tersebut aman digunakan, Wartono mencoba menggunakan sepeda tersebut berkeliling desa. Bobot dari sepeda limbah tersebut mencapai 80 kilogram, sehingga aman untuk digunakan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini