Manfaatkan Kemarau, Petani Sukses Tanam Kedelai

Dedi Mahdi, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 455 2289216 manfaatkan-kemarau-petani-sukses-tanam-kedelai-gv2CuE4vUV.jpg Petani Kedelai (Foto: Dedi/Okezone)

BOJONEGORO - Dengan memanfaatkan musim kemarau, banyak petani sukses tanam kedelai dengan hasil melimpah. Pasalnya, tanaman kedelai dinilai tidak banyak membutuhkan air seperti padi.

Oleh sebab itu, para petani di Kabupaten Bojonegoro tidak berputus asa, justru mengubah pola tanam dari tanaman padi menjadi kedelai. Upaya ini pun terbukti berhasil.

Baca Juga: Tanaman Hias Lagi Ngetren, Penjualan Bonsai Serut Naik 50%

Selain hasil panen yang berlimpah, harga jual kedelai ditingkat petani juga meningkat tinggi.

Pemilihan pola tanam yang tepat dilakukan para petani di Desa Sambongrejo. Usaha para petani untuk menyiasati kekeringan di musim kemarau ternyata cukup berhasil.

Hektaran tanaman kedelai yang dibudidayakan kini mampu tumbuh subur dengan hasil panen yang berlimpah.

Baca Juga:  Penjualan Turun, Pengusaha Kain Songket Turunkan Harga Jualnya

Salah satu petani di desa setempat, Yuliati mengatakan hasil panen kedelai saat ini cukup bagus.

"Sepetak lahan dengan luas 200 meter persegi saja mampu menghasilkan hingga 6 kuintal lebih kedelai kering," kata dia, Selasa (6/10/2020).

Selain hasil panen yang melimpah, harga jual kedelai juga relatif cukup tinggi. Di tingkat petani, harga kedelai kering saat ini mencapai Rp6.700 per kilogram, atau naik dibandingkan pada musim sebelmnya yang berkisar Rp5.500 per kilogram.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini