Jumlah Pengangguran Indonesia Didominasi Anak Muda

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 320 2292194 jumlah-pengangguran-indonesia-didominasi-anak-muda-7nhSSldzEz.jpg Pengangguran di Indonesia Menurun. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat masih banyak anak muda yang menganggur. Hanya saja secara tren, jumlah yang menganggur menurun.

Akan tetapi, kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu, tren itu belum bisa mengurangi jumlah pengangguran anak muda di Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Ancaman 5 Juta Pengangguran Baru saat Indonesia Resesi

"Tren menganggur turun, ini tren kinerja perekonomian yang baik. Tapi, ini tidak cukup karena jumlah menganggur masih banyak, lalu banyak yang didominasi usia muda dan pendidikan rendah", kata Febrio dalam diskusi virtual, Senin (12/10/2020).

Dia melanjutkan, pemerintah akan terus mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM). Adapun, reformasi SDM bisa mengurangi jumlah pengangguran untuk anak muda.

"Sayang sekali. Harus reformasi cepat agar SDM bisa ditampung di lapangan kerja yang berkualitas. Untuk itu harus transformasi, untuk memastikan kemudahan berusaha di Indonesja terus meningkat," katanya.

Baca Juga: Jumlah Pengangguran di AS Turun, Eropa Melonjak

Dia menambahkan, kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) sudah meningkat dari 2014-2018. Peningkatan ini harus dilanjutkan dalam menggairahkan ekonomi Indonesia.

"Ini terlihat dari 2018 kita belum alami perbaikan signifikan. Perbaikan ini harus dilanjutkan denga reformasi. Daya saing industri kita masih banyak restriksi," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini