Sulit Jalani Bisnis, Erick Thohir Sempat Ngutang ke Rosan Roeslani

Ferdi Rantung, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 455 2300758 sulit-jalani-bisnis-erick-thohir-sempat-ngutang-ke-rosan-roeslani-ZjFTO6VWjK.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir menceritakan masa-masa sulit saat menjalankan bisnis. Dirinya pun pernah meminjam uang secara pribadi ke Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

"Saya juga minjam uang ke Mas Rosan dan lmarhum andre waktu itu. Saya pinjam satu bulan dah dibayar lunas," katanya dalam seminar secara virtual, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Cerita Erick Thohir Pernah Tawuran dengan Rosan Roeslani dan Sandiaga Uno

Dia menuturkan, bisnis yang dijalani pada 2004 dan 2006 mengalami kesulitan. Dia mengaku salah langkah sehingga membuat perusahaan over ekspansi saat itu.

"Pilihan pertama pada waktu itu adalah mengurangi pegawai atau menutup perusahaan. Pilihan Kedua, meminjam dana dari bank," terangnya

Erick pun sempat menjual berbagai barang yang menjadi hobinya. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan uang untuk perusahaan.

Baca Juga: Erick Thohir Cari 1.000 Putra-Putri Papua untuk Bekerja di BUMN

"Saya harus juga melepaskan hobi saya dari lukisan dan mobil tua. Dan meminjam uang secara pribadi," ungkapnya

Dia berpesan, jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses harus berani mengambil keputusan di tengah krisis. Kemudian jangan takut untuk mengambil resiko.

"Berbeda dengan pekerja profesional, yang memikirkan resiko. Sebagai pengusaha harus berani mengambil resiko," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini