Pemasukan Cekak akibat UMP 2021 Tak Naik, Gimana Nih?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 02 November 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 622 2302661 pemasukan-cekak-akibat-ump-2021-tak-naik-gimana-nih-Wt87Eg24F8.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Mayoritas gaji para pekerja di Indonesia tidak akan bertambah pada tahun 2021. Hal ini dipicu oleh keputusan beberapa pemerintah daerah yang tidak menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Salah satu alasan UMP tak naik pada tahun depan karena dunia usaha mengalami kelesuan di tahun 2020. Kemerosotan ekonomi itu karena krisis yang timbul karena adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga: UMP Jawa Timur Diputuskan Naik Rp100 Ribu pada 2021

Menghadapi fenomena itu, para pekerja atau buruh harus pintar-pintar dalam mengelola keuangannya. Ada dua siasat agar kantong tak jebol, yakni berinvestasi dan membuka usaha. Di antara kedua itu mana yang paling menguntungkan?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyebut bila pekerja memilih untuk berinvestasi maka harus memperhatikan dana cadangannya. Karena, jika uang tersebut diinvestasikan, dana itu akan tidak bisa digunakan dalam waktu tertentu.

"Berinvestasi silakan dilakukan bila memang ada dana nganggur yang bisa "diparkir" untuk sekian lama," kata Andy kepada Okezone, Senin (2/11/2020).

Dia menambahkan, bila pekerja memilih membuka usaha, itu juga termasuk pilihan yang tepat. "Karena kita tidak bisa memaksa pemberi kerja untuk menaikan upah kita, maka kita yang harus berupaya sendiri untuk melakukannya daripada kebutuhan-kebutuhan kita tidak dapat terpenuhi," ujarnya.

Dia menyebut, kini usaha yang akan banyak diminati pembeli yaitu penjualan makanan beku yang memanfaatkan media sosial sebagai pemasarannya.

"Bila hendak berbisnis, yang berpotensi mendatangkan keuntungan pada masa resesi sekarang seperti jasa pembelian paket sayuran ataupun makanan mentah, penjualan makanan frozen food," kata Andy.

Selain itu, lanjut dia, segala sesuatu yang berhubungan dengan hobi seseorang juga dinilai akan memberikan pundi-pundi pemasukan bagi seseorang dan keluarganya. Misalnya, seperti berbisnis tanaman hias atau ikan hias yang kini sedang digandrungi masyarakat.

"Ataupun yang berkaitan dengan hobi selama dirumah saja seperti tanaman hias dan perlengkapannya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini