Dana Titipan ke Bank Bersifat Deposito tapi Ada Tanda Kutipnya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 320 2316189 dana-titipan-ke-bank-bersifat-deposito-tapi-ada-tanda-kutipnya-urDVDytL06.jpg Perbankan (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menempatkan dana pemerintah ke beberapa perbankan BUMN. Namun, penetapan dana tersebut bersifat deposito.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto mengatakan penetapan dana bersifat deposito tapi ada tanda kutip. Adapun tanda kutip ini dimaksud untuk membantu pemulihan ekonomi.

Baca juga: Siapa Cepat Dia Dapat, Masih Ada Rp2,49 Triliun untuk Bank

"Dana titipan ini bersifat deposito tapi ada tanda kutip. Adapun tanda kutip ini dimaksud untuk membantu pemulihan ekonomi," kata Andin dalam video virtual, Rabu (25/11/2020)

Kata dia, pemerintah juga menetapkan syarat kepada perbankan dalam menitipkan uangnya. Salah satunya likuiditas perbankan harus kuat dan tidak bermasalah.

Baca juga: Bos Himbara Minta Perbankan Hati-Hati saat Covid-19

"Jadi kita menetapkan dana titipan ini harus likuiditasnya kuat dan tidak bermasalah. Kalau udah memenuh syarat dalam berbentuk proposol dan kita cek udah disetujui kita melakukan tanda tangan," katanya.

Setelah itu, barulah pemerintah memberikam dananya ke perbankan dalam memulihkan ekonomi Indonesia. Adapun dana ini untuk membantu para kreditur yang terdampak.

"Pada saat kita kasih uangnya dikasih buat apa untuk 6 bulan. Dimana enggak ada menyalahgunakan kewenangan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini