Share

Swab Test Bakal Diganti Metode Saliva, Tes Air Liur

Taufik Fajar, Okezone · Sabtu 30 Januari 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 320 2353579 swab-test-bakal-diganti-metode-saliva-tes-air-liur-lAp2fpaWJj.jpg Swab Test Bakal Diganti Metode Saliva. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menyebut tes Covid-19 dengan metode swab test atau usap akan diganti dengan Saliva. Menurutnya sejumlah lembaga saat ini tengah melakukan penelitian terhadap metode baru tersebut.

"Jadi dalam rangka mempercepat dan memperluas tes PCR, kami sedang lakukan penelitian untuk mengganti swab dengan Saliva," ujar dia dalam diskusi bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia Sabtu (30/1/2021).

Baca Juga: Geram soal Hoax Vaksin Covid-19, Erick Thohir: Tak Ada Niat Pembohongan Publik

Dia menjelaskan, metode Saliva merupakan pengetesan spesimen Covid-19 yang dikembangkan menggunakan air liur. Dan metode ini berbeda dengan swab yang memerlukan cairan dari permukaan tonsil atau dinding posterior faring.

"Metode Saliva tidak memerlukan ekstraksi atau pemurnian dari asam nukleat atau RNA virus. Maka itu, hasil tes menggunakan metode ini diklaim lebih cepat dan nyaman ketimbang tes swab," ungkap dia.

Baca Juga: Erick Thohir Buka-bukaan soal Transparansi Data Covid-19 Era Terawan

Dia juga berharap metode Saliva bisa segera diimplementasikan di Indonesia agar tingkat testing meningkat dengan biaya lebih murah dan nyaman.

"Kami pastikan sejumlah negara di dunia telah menggunakan teknik saliva," jelasnya.

Kemudian, kata dia, selain mempercepat testing, sebagai langkah untuk menangani Covid-19, pemerintah juga tengah mengembangkan tes kit untuk mengukur antibodi guna mendukung program vaksinasi.

"Tes ini nantinya sekaligus akan mengecek apakah seseorang memerlukan suntik vaksin, terutama bagi penyintas Covid-19 yang pernah memperoleh donor plasma," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini