BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 320 2363121 bpom-segera-keluarkan-izin-penggunaan-vaksin-covid-19-astrazeneca-e5ocVnlH7p.jpg BPOM Segera Keluargakan Izin Vaksin AstraZeneca. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menerbitkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 AstraZeneca. Penerbitan EUA ditargetkan pada 5-10 hari ke depan.

Meski begitu, penerbitan akan dilakukan setelah lembaga pengawasan makan dan obat itu menerima dokumen perizinan dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Kepala BPOM Penny K Lukito menyebut, sudah menjadi ketentuan bahwa penerbitan UEA harus terebih dahulu mendapat perizinan dari WHO.

Baca Juga: Dari 7 Vaksin, Hanya Sinovac yang Diproduksi Bio Farma

 “Kami memberikan janji kinerja 5-10 hari akan diterbitkan EUA secepatnya setelah kami menerima data dossier dari WHO, sehingga produk vaksin melalui multilateral bisa segera masuk ke Indonesia,” katanya dalam konferensi pers virtual Selasa (16/2/2021).

Pasca EUA diterbitkan, BPOM akan terus mengawal mutu vaksin Covid-19 mulai dari industri farmasi hingga vaksinasi pada masyarakat.

Baca Juga: Pendanaan Vaksin Covid-19, Bio Farma Colek Himbara

"Dan saya kira ini juga menjadi tanggung jawab dari Bio Farma untuk terus melakukan monitoring atau pemantauan terhadap kualitas dari vaksin ini setelah didistribusikan," ujarnya.

Pemerintah mencatat bahwa EUA untuk vaksin asal AstraZeneca telah diberikan oleh Food and Drug Administration (MHRA) Inggris. Hal itu merupakan kabar baik bagi Indonesia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, MHRA merupakan salah satu dari 6 strangen regulatory yang memiliki mekanisme reliance dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Indonesia. Di mana, melalui mekanisme reliance ini proses penerbitan EUA atas vaksin astraZeneca di Indonesia akan lebih mudah.

Sebagaimana dijelaskan kepala BPOM bahwa upaya terkoordinasi semua pihak dan lembaga baik di Indonesia dan luar negeri terus dilakukan pemerintah untuk mempercepat proses EUA vaksin asal astraZeneca, tentunya proses ini tidak akan pernah mengkompromikan aspek keamanan, efektivitas, dan kualitas vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini