Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Pedagang Pasar: Ini yang Kami Tunggu

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372383 jokowi-gaungkan-benci-produk-asing-pedagang-pasar-ini-yang-kami-tunggu-dXyacL4b7w.jpg Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing.(Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia merespons baik pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan bahwa kita harus membangkitkan produk UMKM, produk dalam negeri dan membenci produk-produk luar negeri.

"Ini yang kami tunggu, setelah 10 tahun kami menggelorakan gerakan terkait ayo kembali belanja ke pasar tradisional untuk ayo belanja ke warung rumahan cintai produk dalam negeri, dan produk-produk umkm sendiri," ujar Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Gaungkan Benci Produk Asing, Jokowi Ingin Merek Indonesia Jadi Primadona di Mal

Dia menjelaskan pernyataan itu sangat positif dan pihaknya berharap di masa pandemi ini ajakan Presiden Jokowi mendapat respon dari publik dari masyarakat untuk kembali berdiri di kaki sendiri. Dan bisa meningkatkan produk-produk dalam negeri.

"Seperti produk umkm dan terus menggelorakan gerakan ayo kembali belanja ke pasar tradisional. Kita semua tahu bahwa pandemi ini menggerus seluruh sektor ekonomi, jika kita tidak membangkitkan kembali sektor ekonomi maka kita tidak mungkin bertahan untuk menghadapi pandemi. krisis ekonomi akan terus terjadi selama kita sendiri tidak memutarkan produk produk kita sendiri untuk di konsumsi di dalam negeri," ungkap dia.

Baca Juga: Peluang Besar, Produk Lokal Dapat Jalur Khusus di Sektor Ketenagalistrikan

Menurut dia, semua pihak mengetahui konsumsi dalam negeri cukup besar, di mana Indonesia ini cukup besar penduduknya. Maka itu harus merubah strategi untuk kembali mencintai produk sendiri.

"Kita ketahui bersama bahwa bawang putih 95% konsumsi kita masih impor dari cina dan beberapa komuditas lain seperti kedelai jagung dan seterusnya akan terus memgalir impor impor buah di dalam negeri. Ini adalah momentum petani kita untuk kembali bangkit dan pulih. masyarakat kita juga harus kembali sadar bahwa produk dalam negeri jauh lebih berkualitas di banding produk luar negeri ini momentum berbenah," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan cinta produk dalam negeri. Cinta produk dalam negeri didukung dengan program Bangga Buatan Indonesia. Jokowi pun menggaungkan benci produk luar negeri atau produk asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini