Sah! RI Impor Garam 3 Juta Ton, Ini Alasannya

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 320 2380013 sah-ri-impor-garam-3-juta-ton-ini-alasannya-WAIY3HRrLp.jpg Garam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan impor garam sebanyak 3 juta ton. Hal ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat kerja bersama Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR di Senayan, Jakarta Pusat hari ini, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: RI Impor Garam hingga Daging, Slogan Benci Produk Asing Dipertanyakan

Menurut dia, impor garam sebanyak 3 juta ton sudah diputuskan dalam rapat bersama Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Di mana rapat dengan Menko Perekonomian dihadiri Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian.

"Tercatat bahwa berdasarkan neraca, stok produksi garam nasional 2,1 juta ton. Lalu kemudian impor garam diputuskan 3 juta," ujar dia.

Baca Juga: Apa Alasan RI Impor Garam?

Kemudian, kata dia, kebutuhan garam terbesar ada pada industri manufaktur sekitar 3,9 juta ton dan aneka pangan 1,3 juta ton dan lain sebagainya 2,4 juta ton.

Baca Juga: RI Bakal Impor, Garam Rakyat Terjual 200 Ton

Dia menjelaskan pemerintah, akan memperbaiki dari sisi produksi, peningkatan produksi garam rakyat. Seperti, yang sudah dilakukan di beberapa tempat adalah integrasi lahan garam untuk peningkatan produktivitas dari 60 ton per hektar per musim menjadi 120 ton per hektar per musim.

"Lalu pembangunan gudang garam nasional dan penerapan resi gudang. Dan juga bantuan revitalisasi gudang garam rakyat, perbaikan jalan produksi, perbaikan saluran," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini