Wapres Tugasi BWI Kelola CSR Perusahaan Jadi Wakaf

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386463 wapres-tugasi-bwi-kelola-csr-perusahaan-jadi-wakaf-Q7clJNH6rw.png Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar potensi wakaf yang ada bisa dimaksimalkan. Dengan cara mencari dan menggali potensi-potensi wakaf lain yang selama ini belum tersentuh.

Sebagai salah satu contohnya adalah dengan menggali potensi wakaf dari perusahaan. Misalnya adalah dengan membuat Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan perusahaan menjadi wakaf.

Baca Juga: Gubernur BI Ungkap Bukti Ekonomi dan Keuangan Syariah Berkembang Pesat

“Saya ingin mendorong agar BWI (Badan Wakaf Indonesia) mengoptimalkan potensi wakaf yang ada, misalnya dengan menggali wakaf dari perusahaan atau membuat CSR menjadi wakaf,” ujarnya dalam acara Rakornas BWI, Selas (30/3/2021).

Apalagi lanjut Wapres, beberapa waktu lalu pemerintah juga sudah meresmikan atau meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) oleh Presiden Joko Widodo. Ini sebagai tanda dimulainya transformasi pelaksanaan wakaf yang lebih luas dan modern.

Baca Juga: Wapres Sebut Asuransi Syariah Punya Prospek Menjanjikan, Ini Alasannya

“Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 Januari 2021, Presiden telah mencanangkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) sebagai tanda dimulainya transformasi pelaksanaan wakaf yang lebih luas dan modern yang mencakup dua hal penting,” jelasnya.

Dengan diluncurkannya gerakan itu, maka ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Pertama, sesuai Undang-undang nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, harta benda wakaf diperluas tidak hanya benda tidak bergerak seperti tanah dan bangunan. Akan terali juga meliputi benda bergerak berupa uang dan benda bergerak selain uang seperti kendaraan, mesin, logam mulia, dan surat berharga syariah.

“Hal ini juga sesuai dengan fatwa MUI tahun 2002 tentang kebolehan Wakaf Uang. Kedua, pembenahan tata kelola pemangku kepentingan wakaf benda bergerak yang dimulai dengan pembenahan tata kelola wakaf uang sebagai salah satu bentuk wakaf produktif,” kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini