Menko Airlangga: Covid-19 Jadi Krisis Global yang Lama

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 320 2390693 menko-airlangga-covid-19-jadi-krisis-global-yang-lama-yKjVckmFSv.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Okezone)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi global tertekan. Bahkan menyebabkan krisis global dalam setahun ini.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan Covid-19 merupakan krisis global yang sangat lama. Apalagi tahun 2021, Covid sudah memasuki satu tahun yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Baca juga: Cerita Sri Mulyani Ekonomi Indonesia Banyak Alami Shock

"Covid adalah krisis yang belum pernah terjadi ini masuk dalam uncharted teoritial termasuk Indonesia. Ini adalah salah satu krisis global yang dalam dan (Waktu) lama dan ini udah masuk satu tahun dan Indonesia belajar dan adaptasi Covid," kata Airlangga dalam acara Webinar HUT Okezone ke-14 dengan tema Economy Outlook Indonesia Bangkit 2021, Rabu (7/4/2021).

Kata dia, pemerintah telah menyiapkan penanganan Covid-19. Adapun, Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp699,43 triliun tahun ini. Anggaran ini meningkatkan dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp579,78 triliun.

 Baca juga: Dirut BSI Sebut Ekonomi RI Masih Bergantung pada Manusia, Maksudnya?

"Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terus didorong untuk memperkuat sisi daya beli (demand) dan produksi (supply)," katanya.

Dia menambahkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Mikro (PPKM Mikro) yang terus diintensifkan dan diperluas hingga 15 provinsi, pemerintah juga terus melakukan upaya 3T (tracing, treatment, dan treatment), serta vaksinasi yang dilakukan di seluruh Tanah Air.

" Ini agar pemulihan ekonomi nasional jadi game changer di 2021," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini