Isoman, Cek Kesehatan dan Obat Gratis di 11 Platform Telemedicine

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 320 2435734 isoman-cek-kesehatan-dan-obat-gratis-di-11-platform-telemedicine-7il2CjdWmK.jpg Isolasi Mandiri di Rumah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan, mengatakan bagi para pasien Covid-19 yang masih bergejala ringan atau bahkan orang tanpa gejala (OTG), disarankan untuk isolasi mandiri (isoman) dengan tetap dipantau pemerintah melalui layanan telemedicine.

"Jadi Rumah Sakit hanya untuk orang yang sudah betul-betul sangat membutuhkan. Yang lain saya kira itu bisa dilakukan dengan isolasi mandiri, dengan telemedicine dan kriteria yang jelas," ujar Luhut dalam video virtual, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Ramal Ekonomi Kuartal II Tumbuh 7%, Semester I 3,3%

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memastikan, saat ini pihaknya telah membuka layanan telemedicine atau konsultasi kesehatan secara virtual bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Kita bekerja sama dengan menggandeng 11 platform telemedicine," kata Menkes Budi.

Baca Juga: APBN Tak Perlu Direvisi, Dana Infrastruktur Bisa Dialihkan untuk Pemulihan Ekonomi

Adapun, beberapa platform yang termasuk ke dalam 11 layanan telemedicine itu antara lain seperti misalnya Halodoc, Getwell, Alodokter, dan Good Doctor. Selain layanan gratis, para pasien Covid-19 itu nantinya juga akan mendapatkan obat gratis sesuai gejala-gejala atau keluhan yang dirasakannya.

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai konstribusi dari 11 platform telemedicine. Kalau obat-obatannya disediakan oleh Kementerian Kesehatan," ujar Budi.

Dia menambahkan, layanan telemedicine ini diharap mampu membantu masyarakat, khususnya para pasien isoman yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19.

"Supaya rakyat kita bisa tenang karena mereka bisa mengakses layanan kesehatan, bisa tetap dapat obat, dan semoga rakyat bisa sehat dan bisa mengatasi pandemi ini dengan segera," ujarnya.

Diketahui, kesebelas platform aplikasi telemedicine yang dikerjasamakan oleh pemerintah antara lain yakni AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milfield Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini