Erick Thohir Buka-bukaan Peluang Wujudkan Masyarakat Digital

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 320 2448597 erick-thohir-buka-bukaan-peluang-wujudkan-masyarakat-digital-6Y2tGIbib5.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah tengah menginvestasikan Rp 30 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di sektor teknologi dan digitalisasi. Dana tersebut difokuskan pada layanan Teknologi Informasi (IT), konektivitas, dan layanan digital.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, dari nilai investasi itu Indonesia memiliki momentum dan potensi untuk mewujudkan masyarakat digital dan mengakselerasikan sistem digitali ke seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Contoh Jokowi, Erick Thohir: Kita Punya Pemimpin yang Luar Biasa

"Komitmen pemerintah untuk menginvestasikan lebih dari Rp 30 triliun untuk layanan IT, konektivitas, dan layanan digital, Indonesia punya momentum dan potensi untuk mewujudkan masyarakat digital untuk mengakselerasikan digitalisasi ke seluruh lapisan masyarakat," ujar Erick dalam gelaran Webinar Indonesia Forum, Jumat (30/7/2021).

Nilai investasi bombastis di sektor teknologi dan digital tersebut, didorong oleh ketertinggalan Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

Baca Juga: Blusukan ke Warga Isoman, Erick Thohir: Saya Harus ke Bawah

Saat ini, Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara dengan sistem digital yang mumpuni. Posisi tersebut merupakan hasil survei IMD World Digital Competitiveness Ranking, sebuah lembaga survei dunia.

Bahkan, dibandingkan negara tetangga di ASEAN, Indonesia masih tertinggal. Misalnya, Thailand di posisi 40, Malaysia di posisi 26, Singapura di posisi 2.

Erick sendiri optimis bahwa Indonesia mampu memperbaiki posisinya dibandingkan negara-negara tetangga tersebut. Dia menilai, lebih 70 persen total penduduk Indonesia yang menggunakan internet menjadi kesempatan besar bagi Indonesia.

"Saya juga percaya sinergi dan akselerasi digitalisasi akan menjadi pendorong pemulihan ekonomi dan transformasi pasca pandemi ini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini