30 Peluang Usaha di Desa

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 455 2460876 30-peluang-usaha-di-desa-g72BNNmcVw.jpg 30 Peluang Usaha di Desa. (Foto: Okezone.com/Indonesia Travel)

JAKARTA - 30 peluang usaha di desa bisa menjadi pilihan bisnis untuk dijalani masyarakat. Mulai dari bisnis pulsa sampai isi ulang air galon menjadi peluang usaha yang bisa dilakukan di desa.

Peluang usaha di desa sekarang pun semakin dimudahkan dengan masifnya pembangunan infrastruktur seperti jalan dan telekomunikasi, sehingga ekonomi desa semakin lebih cepat.

Banyak desa yang dulu sepi dan masih jarang penduduk, namun kini sudah berubah ramai pemukiman. Rumah semakin banyak dibangun di area persawahan atau lahan kebun. Banyak toko dan tempat usaha yang bermunculan.

Kini desa bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa.

Keuntungan desa seperti memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki kawasan kota. Bahkan ada banyak usaha bermodal kecil di desa bisa dijalankan dalam skala kecil sehingga menguntungkan.

Baca Juga: Tiru Cara Sukses Bisnis Kylie Jenner, Raup Rp6 Triliun dalam 18 Bulan

Berikut ini 30 peluang usaha di desa yang bisa dikembangkan menjadi peluang yang potensial dan mudah dikembangkan baik secara offline maupun online.

1. Bisnis Pulsa dan Token

Berjualan pulsa dan token jadi salah satu bisnis menjanjikan di desa. Karena usaha ini membutuhkan modal relatif kecil namun untungnya lumayan. Kebutuhan masyarakat tidak hanya beli pulsa handphone tapi juga melalui PPOB untuk melayani berbagai pembayaran tagihan masyarakat agar lebih dekat dan praktis. Menjadi agen juga cukup mudah bila kita ingin memulai usaha semacam ini.

Dari sisi pasarnya, juga sangat luas karena mencakup semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, usaha jual pulsa tidak hanya menggiurkan di kota-kota besar namun juga merupakan bisnis yang menguntungkan di desa.

2. Kreator, Writer, dan YouTuber

Perkembangan dunia digital membuat banyak aneka ragam platform yang membutuhkan jasa kreator untuk menghasilkan konten tulisan, foto ataupun video. Pembuat konten ini biasanya harus dilengkapi kemampuan membaca SEO yang sangat penting saat ini.

Selain bisa jadi pembuat konten Anda bisa juga melayani jasa riset keyword atau jadi SEO specialist. Usaha ini cocok dilakukan di desa. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah laptop, koneksi internet, dan ketrampilan editing.

Baca Juga: Bisnis Susu Kuda Liar, Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Bila trafik dari konten yang Anda sudah menghasilkan bisa didaftarkan adsense dan mendapatkan penghasilan dari Google.

3. Isi Ulang Air Galon

Peluang bisnis air galon isi ulang di kampung cukup menjanjikan karena umumnya desa kaya akan sumber mata air dan memiliki kualitas air tanah yang baik.

Tren masyarakat kini menggunakan dispenser listrik juga semakin umum dan ini membutuhkan air isi ulang.

4. Jasa Pangkas Rambut

Usaha ini juga memiliki peluang sukses di desa. Karena warga desa semakin terbuka soal fashion dan mereka tidak perlu repot-repot lagi ke kota untuk mendapatkan jasa barber.

Bisnis pangkas rambut dapat dilakukan fleksibel, baik itu dengan membuka tempat cukur atau pangkas ataupun dengan cara mendatangi konsumen.

5. Jualan Kue Tradisional

Setiap desa umumnya memiliki penganan khas yang memiliki cita rasa tersendiri. Oleh karena itu, jualan kue tradisional khas desa merupakan usaha di desa yang menguntungkan. Kini juga ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi kemasan yang dapat membuat kemasan yang lebih higienis dan tahan lama. Usaha ini juga masuk kategori modal minim.

6. Fotokopi dan Print

Usaha ini bisa dilakukan dengan bermodalkan alat fotokopi dan mesin print untuk membuka jasa percetakan sekaligus layanan fotokopi. Ini akan berguna untuk pelaku usaha, anak-anak sekolah, dan lainnya. Sementara untuk lokasi usaha bisa dilakukan di halaman rumah.

7. Ternak Ayam Kampung

Bisnis ternak ayam kampung merupakan salah satu usaha di desa yang menjanjikan. Karena umumya di desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam.

Secara modal juga kecil sehingga menjanjikan. Karena ini tidak seperti beternak kambing atau sapi yang membutuhkan modal yang cukup banyak

Peternak ayam bisa bermitra dengan berbagai perusahaan bidang peternakan dan pangan yang umumnya dapat membantu peternak dari awal sampai dengan panen.

8. Usaha Sewa Alat Pertania

Bagi yang memiliki modal yang cukup banyak bisa melirik jenis usaha persewaan ini. Usaha sewa alat pertanian merupakan jenis usaha yang cocok di kampung dikarenakan memiliki target pasar yang jelas. Apalagi jika masuk musim-musim tertentu maka kegiatan petani semakin aktif dan permintaan alat untuk membajak sawah atau memanen menjadi tinggi.

9. Usaha Jahit

Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Apalagi cakupan usaha ini sangatlah luas dan memiliki kesempatan yang besar dalam berinovasi. Tipe usaha jahitan sangat dinamis perkembangannya, sehingga sangat cocok buat yang mempunyai semangat untuk belajar dan berinovasi.

10. Penjualan Bibit Tanaman

Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha menjanjikan di desa. Karena kondisi lingkungannya mendukung, seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air. Peluang usaha di desa ini memiliki pasar yang luas, apalagi bila menggunakan marketplace yang memungkinkan kita memasarkan produk lebih luas.

Ragamnya mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, hingga bibit buah-buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan.

Penjualan bibit juga dapat menjadi menarik di desa karena naiknya tren menanam di masyarakat perkotaan semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut.

11. Tempat Sewa WiFi

Umumnya masyarakat saat ini cenderung membutuhkan akses internet sehingga kita bisa menawarkan layanan WiFi murah. Beragam platform di handphone juga sangat menarik seperti media sosial atau bermain game online. Ini membuat tingkat kebutuhan akan sambungan internet masih tinggi.

12. Usaha Jasa Titip Ke Kota

Usaha jasa titip dari desa ke kota merupakan bisnis yang menguntungkan saat ini. Pihak konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut.

Bisnis desa ini sangat terbantu dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi sehingga menjadi peluang besar usaha di kampung. Kita bisa menggunakan layanan Whatsapp, mengumpulkan konsumen dalam satu grup sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mereka, seperti mengirim foto barang yang dititipkan untuk memastikan barang titipan sudah sesuai pesanan.

Peluang usaha ini menguntungkan kedua pihak, baik itu untuk pekerja jasa titip ataupun untuk masyarakat karena tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu.

13. SPBU Mini

Jika membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar membutuhkan dana yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina. Pertashop dapat menjadi bisnis di desa yang menguntungkan karena memiliki pasokan rutin dari pertamina dan harga yang sama dengan yang dijual pertamina.

14. Usaha Tanaman Hias

Permintaan tanaman hias mengalami kelonjakan yang cukup signifikan saat ini. Dapat dilihat ketika akhir pekan dengan banyaknya warga kota mengunjungi desa-desa yang memiliki potensi tanaman hias. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias adalah usaha di desa yang menjanjikan saat ini.

Usaha ini juga merupakan usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah karena kondisi lingkungan desa yang mendukung. Kehadiran marketplace membantu bisnis desa ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman.

15. Budidaya Kroto

Usaha ini sangat menjanjikan sebab sampai sekarang harga kroto stabil di angka puluhan ribu per kilonya. Selain itu, permintaan dari pabrik juga makin tinggi karena merupakan bahan dasar pembuat pakan burung.

Daripada mencari kroto di pohon-pohon besar yang ada di ladang, maka kita juga bikin sendiri ternak kroto supaya hasilnya bisa lebih mudah diperhitungkan.

16. Bisnis Apotek

Bisnis di bidang kesehatan lain yang tidak kalah menguntungkannya di pedesaan adalah dengan membuka toko obat atau apotek. Karena orang-orang di pedesaan memiliki akses yang lebih sulit untuk mendapatkan layanan kesehatan, maka kamu bisa menjual obat-obatan di pedesaan Dimana tingkat persaingan yang relatif lebih sedikit. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik dan dengan harga yang relatif lebih murah

17. Bengkel Las

Bengkel las jadi salah satu peluang usaha yang cocok di desa karena bersifat rumahan. Maksudnya, Anda tak perlu menyiapkan dana besar untuk memulai usaha ini.

Asalkan Anda punya tanah kosong atau garasi yang luas, bisnis ini dapat dijalankan tanpa sewa tempat. Cukup pakai alat dan keahlian saja.

18. Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Sub Agen Elpiji 3Kg adalah pihak yang mempunyai izin untuk menyalurkan gas elpiji kepada pengecer atau masyarakat umum. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg dapat menjadi peluang usaha di kampung yang menjanjikan keuntungan yang cukup baik karena jumlah pengecer cukup banyak.

Walaupun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan permohonan izin, namun jika sudah berjalan dengan baik dapat menjadi bisnis di kampung yg menguntungkan. Untuk syarat lengkap menjadi sub agen gas elpiji 3kg silahkan menghubungi pertamina terdekat di tempat anda.

19. Minuman Ringan

Jualan minuman dapat menjadi jenis usaha pinggir jalan kampung yang cukup menggiurkan. Apalagi jika posisisnya berada di jalan desa atau berada di dekat tempat seperti lapangan olahraga ataupun sekolah.

Jualan minuman ini dapat menjadi usaha di desa yang sukses jika di kelola dengan konsisten dan rajin berinovasi, karena tidak bisa dipungkiri jika masyarakat sangat gandrung dengan sesuatu yang baru.

Selain itu, hal lainnya yang membuat jualan minuman menjadi bisnis menjanjikan di kampung adalah tidak membutuhkan banyak modal dan bahan bakunya sangatlah muda diperoleh.

20. Bisnis Servis Motor

Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu dan kebutuhan akan pekerjanya juga terus meningkat, tak terkecuali di desa. Jika anda mempunyai skill ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor dapat menjadi usaha di daerah pedesaan anda yang cukup menguntungkan.

Jika anda belum mempunyai skill yang mumpuni, terdapat banyak tempat pelatihan untuk meningkatkan skill anda, baik itu dari pihak pemerintah ataupun swasta.

Selain itu, untuk urusan suku cadang, sudah terdapat banyak distributor yang menyediakan berbagai suku cadang motor dan beberapa diantaranya sudah dapat diakses melalui marketplace ataupun situs tersendiri mereka.

21. Kerajinan Tangan Lokal

Banyak desa yang memiliki hasil kerajinan tangan yang khas dan jika dikelola dengan baik tentunya dapat menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Berbagai bentuk kerajinan tersebut dapat berupa keranjang, gelang, ukiran kayu, kerajinan kain, topi, dan berbagai produk lainnya.

Walaupun sebagai bisnis di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tinggal bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut.

22. Bisnis Homestay

Jika Anda tinggal di desa yang memiliki potensi wisata yang besar, mempersiapkan rumah sendiri untuk siap dihuni oleh wisatawan dapat menjadi peluang bisnis di kampung halaman.

Walaupun tidak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang betul-betul natural. Anda juga dapat menyediakan beberapa fasilitas seperti yang ada di hotel sesuai dengan kemampuan yang dimiliki seperti akses wifi.

23. Menjadi Reseller Produk

Desa kini telah menjadi target pemasaran berbagai brand nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai sektor. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Oleh karena itu, reseller dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan di desa.

Bahkan menjadi reseller dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di kampung jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada. Jika Anda sudah melakukan riset produk mana yang paling potensial dijual di desa, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana agar masyarakat tahu jika Anda adalah reseller resmi brand tersebut, maka ada baiknya untuk menyiapkan etalase sederhana untuk produk yang anda jual jika mempunyai modal lebih.

24. Bisnis Ikan Hias

Usaha jual beli ikan hias dapat menjadi bisnis di desa yang menjanjikan apalagi jika dari awal anda sudah mempunyai hobi di bidang tersebut. Anda juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang tidak terlalu besar jika ingin menjalankan usaha ini.

Ada berbagai jenis ikan hias yang laku di pasaran seperti ikan Koi, ikan Mas Koki, ikan Cupang, ikan Molly, dan berbagai jenis ikan lainnya sehingga membuat jual beli ikan hias menjadi usaha di desa yang menguntungkan karena memiliki pasar yang luas.

25. Pengepul Hasil Pertanian

Salah satu bisnis yang dapat dibuka di desa adalah jadi pengepul hasil pertanian. Misalnya jagung, cabe, mangga, atau semacamnya.

Usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar juga keterampilan berkomunikasi yang baik. Sebab Anda akan jadi penghubung antara petani dengan distributor atau agen yang lebih besar lagi.

26. Ternak Lele

Walaupun jenis usaha ini tidak terbilang baru dan sudah cukup banyak yang menjalankannya, ternak lele masih menjadi bisnis di desa yang menjanjikan karena permintaannya masih tinggi dan bahkan keran ekspor ke berbagai negara telah terbuka.

Bibit ikan lele juga cukup mudah untuk di dapatkan baik itu di marketplace atau mendatangi langsung penjualnya dan kolamnya tidak harus membutuhkan lahan yang luas.

Karena jumlah usaha ternak lele cukup banyak maka Anda perlu strategi pemasaran yang baik. Mulai dari pemetaan pedagang pecel lele yang potensial, mencari peluang kerja sama dengan supermarket dan restoran sampai dengan memasarkannya melalui media sosial.

27. Fotografer Panggilan

Buat yang hobi motret bisa menjadi fotografer panggilan untuk berbagai acara dan produk. Mulai dari kegiatan seperti pesta pernikahan hingga untuk foto produk. Kategori bisnis yang berhubungan erat dengan hobi ini banyak sekali orang yang sangat suka dengan dunia foto. Bisnis ini punya potensi yang besar kalau ditekuni dengan giat dan konsisten. Untuk memulai bisnis ini kita harus memiliki skill dalam dunia fotografi.

28. Usaha Pewangi Pakaian Literan

Pewangi usaha pakaian literan cukup digandrungi saat ini karena karena merupakan pewangi alternatif yang memiliki wangi cukup lama dengan harga yang tidak mahal. Tidak mengherankan jika menjual pewangi pakaian ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di desa.

Pewangi pakaian ini juga memiliki berbagai varian wangi yang bervariasi dengan berbagai jenis ukuran wadah, seperti dalam botol 1 atau dalam jerigen mini. Jadi sebelum menjadi reseller, anda perlu melakukan riset kecil wangi yang banyak diminati masyarakat umum dan ukuran yang sesuai untuk masyarakat di desa.

29. Buka Praktek Bidan

Salah satu peluang usaha lagi adalah membuka praktek bidan di daerah pedesaan. Dibanding harus bekerja sebagai pembantu kamu bisa lebih mandiri untuk membuka praktek di daerah pedesaan yang persaingannya relatif lebih sedikit. Tren kesadaran masyarakat untuk hidup sehat membuat bidan akan terus dibutuhkan. Terlebih gaya hidup saya membutuhkan dan mendukung peran bidan dalam proses melahirkan.

30. Tempat Bimbingan Belaja

Walaupun bukanlah peluang usaha daerah pedesaan yang memiliki keuntungan besar, namun membuka jasa bimbingan belajar sesuai dengan pelajaran yang kita kuasai, tetap dapat memberikan kita pemasukan lebih sambil membantu adik-adik untuk memahami pelajaran di sekolah. Apalagi di masa pandemi ini dimana jam pertemuan langsung antara siswa dan murid jadi berkurang.

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini