Transisi Energi Fosil ke EBT, Sri Mulyani Butuh Dana Besar

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 320 2461677 transisi-energi-fosil-ke-ebt-sri-mulyani-butuh-dana-besar-pl1KQ4ezG2.jpg Sri Mulyani soal Target Net Zero Emission 2060. (Foto: okezone.com/kbumn)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Muylani mengatakan, komitmen Indonesia mencapai net zero emission pada 2060 mendatang tidak hanya membutuhkan kerja keras dan kebijakan, namun juga pendanaan.

"Pendanaan yang paling besar justru nanti akan terlihat pada strategi energi dan transportasi yang tadi kontribusinya adalah 11%, namun dia akan memakan dana yang sangat besar, untuk memindahkan energi kita dari non renewable menjadi renewable," ungkap Menkeu, mengutip laman Kementeriannya, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: 8 Jurus RI Kembangkan Energi Terbarukan

Menurutnya untuk mengubah transportasi Indonesia menjadi masa transportasion membutuhkan dana investasi yang tidak kecil, yang tidak bisa dilakukan sendiri menggunakan APBN.

Mengatasi perubahan iklim, pemerintah berkontribusi dengan memperbaiki iklim investasi, terutama untuk proyek-proyek yang mendukung perubahan iklim.

"Pemerintah sudah melakukan reform seperti omnibus law cipta kerja yang mengubah sangat radikal kebijakan mengenai investasi," kata Menkeu.

Baca Juga: Kapasitas Pembangkit Listrik EBT Bertambah 217 Mw

Hal ini yang menurutnya akan banyak memberikan dampak positif bagi Indonesia untuk bisa menarik investasi dan teknologi di bidang pembangunan berkelanjutan, baik itu green project maupun berbagai project baik untuk mitigasi maupun adaptasi.

Lebih lanjut menkeu menjelaskan, Pemerintah sebenarnya telah menggunakan instrumen fiskalnya untuk menarik investasi yang berhubungan dengan green project dengan memberikan insentif tax holiday, tax allowance, dan juga fasilitas PPN.

Promosi untuk renewable energi dan investasi di bidang sektor pertanian juga diharapkan konsisten dengan komitmen penanganan perubahan iklim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini