Turis Asing Masuk Bali, Ini Syarat dari Menko Luhut

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 320 2484574 turis-asing-masuk-bali-ini-syarat-dari-menko-luhut-tOZyZAOuKH.jpg Jelang Kedatangan Wisman ke Bali. (Foto: Okezone.com/Telegraph)

JAKARTA - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali bersiap kedatangan penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan pun menyiapkan regulasi bagi wisatawan mancanegara yang ingin ke Pulau Dewata.

"Untuk memastikan tidak terjadi peningkatan kasus di Bali, pemerintah juga akan memperketat persyaratan mulai dari Pre-Departure Requirement hingga On-Arrival Requirement," kata Luhut dalam konferensi evaluasi PPKM, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Penerbangan Internasional Dukung Event di Pertamina Mandalika Street Circuit

Luhut menyampaikan dalam Pre-Departure Requirement ditentukan beberapa hal mulai dari tes PCR yang diambil sesuai ketentuan.

"Berasal dari negara dengan kasus konfirmasi level 1 dan 2 dengan positivity rate kurang dari 5%, kemudian Hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil max 3x24 jam sebelum jam keberangkatan," tambahnya.

Baca Juga: Pasca-Alih Kelola, Jumlah Sumur Pengeboran Blok Rokan Lampaui Target

Luhut menyebutkan calon pendatang harus menyertakan bukti vaksinasi lengkap.

"Dengan dosis ke-2 dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dalam bahasa Inggris, selain bahasa negara asal, Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan min. USD100.000 dan mencakup pembiayaan penanganan Covid-19," paparnya.

Dalam laporannya Luhut juga menambahkan pendatang wajib mengisi E-HAC via aplikasi Peduli Lindungi.

"Melaksanakan tes PCR on arrival dengan biaya sendiri Pelaku perjalanan dapat menunggu hasil tes RT-PCR di akomodasi yang sudah direservasi. Jika hasil negatif, maka pelaku perjalanan dapat melakukan karantina di tempat karantina yang sudah direservasi selama 5 hari," pungkasnya.

Dengan demikian wisatawan mancanegara wajib melakukan PCR pada hari ke 4 malam. Jika hasil negatif maka pada hari ke 5 sudah bisa keluar dari karantina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini