Share

Ajak Bijak Atur Keuangan, MotionBanking Berikan 2 Tips Jitu Pemakaian Kartu Kredit

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 622 2519648 ajak-bijak-atur-keuangan-motionbanking-berikan-2-tips-jitu-pemakaian-kartu-kredit-WhaN0XhXn9.jpg Tips dari MotionBanking. (Foto: Okezone.com/MNC Bank)

JAKARTA - Sebagian besar masyarakat saat ini memiliki kartu kredit sebagai salah satu instrumen keuangannya. Walaupun kartu kredit diberikan oleh bank sebagai sarana finansial untuk membantu kebutuhan masyarakat, jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi bumerang yang justru dapat membebani keuangan masyarakat.

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC International Tbk (BABP) Tee Teddy Setiawan, ā€œTidak jarang masyarakat yang memiliki kartu kredit justru terjebak dalam kesulitan pembayaran cicilan bulanan. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan kartu kredit yang tidak diimbangi dengan penghasilan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa kartu kredit bukan merupakan ā€˜uang tambahanā€™, namun merupakan alat pembayaran.ā€

Baca Juga:Ā Manjakan Pengguna, MotionBanking x PT POS Indonesia Bebaskan Biaya Admin Setor Tunai

Menyikapi hal tersebut, MotionBanking memberikan 2 tips yang dapat menjadi pengetahuan finansial dan menambah literasi masyarakat dalam mengatur pemakaian kartu kreditnya:

1. Bayar Sesuai Jatuh Tempo

Perlu dipahami lagi bahwa setiap pembayaran yang kita lakukan dengan menggunakan kartu kredit merupakan ā€˜utangā€™ yang harus kita bayarkan ke bank. Hal inilah yang seringkali salah diartikan oleh masyarakat sehingga tidak sedikit yang terjebak dalam beban cicilan bulanan. Untuk meringankan pembayaran tempo, masyarakat bisa menggunakan opsi cicilan yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Baca Juga: Tingkatkan User Experience Nasabah, MotionBanking Beri Cashback Biller Hingga Rp200.000, Ini Caranya!

2. Bayar Tagihan Bulanan Secara Penuh

Walapun bank memberikan opsi pembayaran minimum untuk kartu kredit, akan lebih baik jika masyarakat membiasakan diri untuk membayar setiap tagihan bulanan secara penuh. Jika tidak, tagihan yang perlu dibayarkan akan menumpuk karena di bulan berikutnya pasti akan ada kebutuhan lain yang memerlukan pembayaran dengan kartu kredit.

ā€œJika masyarakat dapat bijak dalam menggunakan kartu kredit, justru kondisi finansial masyarakat akan lebih terbantu, karena banyak sekali promo-promo yang sering ditawarkan kartu kredit serta opsi-opsi pembayaran yang akan mengurangi beban pengeluaran masyarakat tiap bulannya,ā€ tutup Teddy.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin memulai menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% sehingga tabungan yang dimiliki menjadi bertambah.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikutĀ bit.ly/downloadMotionBankingĀ kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungiĀ www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram diĀ @motionbankingid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini