Share

Jelang Puasa, Stok Beras Ikutan Langka?

Suparjo Ramalan, iNews · Jum'at 11 Maret 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 320 2560081 jelang-puasa-stok-beras-ikutan-langka-5SCfKYbgIW.jpg Bagaimana stok beras jelang puasa? (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog menargetkan stok beras dari petani dalam negeri menjelang Ramadan 2022 mencapai 1,2 juta ton.

Serapan tersebut diperuntukkan bagi Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas mencatat stok CBP saat ini berada di kisaran lebih dari 800.000 ton.

 BACA JUGA:Bos Bulog Yakin Sebelum Puasa Harga dan Stok Minyak Goreng Normal

Sehingga, sepanjang 2022 ini dipastikan akan ada 2 juta ton beras yang terpenuhi.

"Khususnya permasalahan beras, tadi saya sampaikan kepada beliau (Wakil Presiden Ma'ruf Amin) karena stok kita sampai hari ini untuk Cadangan Beras Pemerintah ada 800.000 lebih ton. Dan kita akan menyerap dalam waktu dekat, target kita ada 1,2 juta ton produksi petani dalam negeri," ujar Buwas saat ditemui di kawasan pergudangan Bulog, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Jumlah itu membuatnya optimis bahwa tidak terjadi kelangkaan beras saat Ramadhan dan Idul Fitri 2022 mendatang.

Bahkan, dia memastikan harga beras di pasar pun menjadi murah.

Pasalnya, produksi beras yang dilakukan Bulog dengan biaya murah, sehingga beras yang disuplai ke pasar pun dengan harga terjangkau.

"Bagaimana harganya? Karena kita membuat sendiri dengan cost yang rendah, maka harganya juga murah. Itu sebabnya saya berharap bahwa nanti negara memberikan pangan berkualitas secara nasional itu bisa terwujud secara nasional bisa terwujud," ungkapnya.

 BACA JUGA:BULOG Gerak Cepat Salurkan Bantuan Gempa di Sumatera Barat

Tak hanya itu, dia mencatat dengan mesin Rice To Rice (RTR) yang memiliki kapasitas 6-7 ton perjam ini menjamin mutu dan kualitas beras yang disalurkan Bulog sangat baik.

Bulog menggunakan mesin RTR tersebut untuk meningkatkan kualitas beras serta untuk menjaga mutu beras sebelum didistribusikan ke masyarakat.

"Sehingga, Rice to Rice itu kita memproduksi beras dan dijamin beras premium. Karena alatnya itu setelannya itu produksinya jadinya bagus," bebernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini