Share

Fenomena PHK Startup Bukan Hal Besar dan Biasa Terjadi di Perusahaan

Viola Triamanda, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 320 2611892 fenomena-phk-startup-bukan-hal-besar-dan-biasa-terjadi-di-perusahaan-xzAVwcbOQQ.jpeg PHK Karyawan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri R. Sirait mengatakan bahwa fenomena maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh startup di Indonesia bukanlah sebuah hal besar.

"Ini bukanlah hal yang besar, karena perusahaan konvensional pun juga mengalami efisiensi karyawan, jadi fenomena ini adalah hal yang biasa terjadi" ujarnya pada acara Power Breakfast IDX TV di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya PHK yang marak terjadi merupakan sebuah titik turun dalam grafik pertumbuhan sebuah perusahaan.

"Kalau digrafik itu kan ada naik dan turunnya ya, berarti saat ini kondisi perusahaan sedang berada di titik turunnya" ucapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pandemi yang berlangsung sejak 2020 merupakan tekanan untuk semua pihak termasuk perusahaan start up maupun perusahaan konvesional.

Tentu saja hal ini mewajibkan semua pihak untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kita juga berempati terhadap suasana yang ada saat ini, dan ini merupakan pelajaran berharga untuk kita semua" jelasnya.

Dia juga menyarankan untuk memandang fenomena PHK ini dengan sudut pandang positif.

"Tentu kita sedih, namun kita harus paham, mungkin memang efisiensi yang dilakukan perusahaan adalah sebuah program untuk menjadikan perusahaan semakin lebih baik lagi" pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini