Share

Sopir Angkot, Ojol hingga Nelayan Dapat Subsidi Imbas Kenaikan Harga BBM

Heri Purnomo, iNews · Selasa 06 September 2022 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 320 2662125 sopir-angkot-ojol-hingga-nelayan-dapat-subsidi-imbas-kenaikan-harga-bbm-99Uf0akLL4.jfif Subsidi untuk Nelayan hingga Ojol karena Kenaikan Harga BBM. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat dan pelaku transportasi. Hal ini dilakukan guna membantu meringankan beban akibat kenaikan harga BBM.

Untuk subsidi di sektor transportasi akan diberikan kepada pengemudi angkot, ojek online, ojek pangkalan dan nelayan yang akan disalurkan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga: Dampak Harga Pertalite Rp10.000, Tarif Angkot Naik Rp2.000

"Untuk para pengemudi angkot, ojek online ojek pangkalan dan untuk nelayan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM, yang penyalurannya dilakukan oleh pemda," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Adapun menurut Membub, pemberian subsidi di sektro transportasi dikarenakan bahan bakar minyak merupakan komponen yang besar bagi operasionalnya.

“Komponen bahan bakar menjadi komponen yang cukup besar pada operasional layanan transportasi, yaitu berkisar antara 11 hingga 40 persen, sehingga berbagai penyesuaian pun harus kami lakukan. Di sisi lain, kami juga sangat menyadari dampak penyesuaian harga bbm terhadap angka inflasi,” katanya.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Tiket Kapal Laut Jadi Berapa?

Selain itu, Kemenhub juga melakukan akan melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat dan juga

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Beberapa langkah yang dilakukan Kemenhub yaitu: melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat dan juga akan segera menetapkan penyesuaian tarif ojek online.

"Untuk penyesuaian tarif ojek online (ojol) akan kami umumkan dalam dua hari ke depan, dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” tutur Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini