Share

Tingkatkan Keselamatan, KNKT Minta Kapal Rakyat Diberi Bantuan Kredit

Heri Purnomo, iNews · Rabu 21 September 2022 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 320 2672198 tingkatkan-keselamatan-knkt-minta-kapal-rakyat-diberi-bantuan-kredit-IvgG9ExPa8.JPG Ilustrasi kapal. (Foto: KKP)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meminta keberpihakan pemerintah untuk memberikan kredit lunak kepada kapal rakyat.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan hal itu harus segera dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas kapal rakyat sehingga dapat memenuhi aspek keselamatan.

"Ke depan kami mengharapkan keberpihakan pemerintah kepada kapal tradisional ini. Mereka hanya membutuhkan bantuan kredit lunak," katanya dalam diskusi Review Keselamatan Pelayaran pada Kapal Tradisional di Indonesia di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

 BACA JUGA:Kecelakaan Truk di Bekasi, Polisi Belum Validasi Temuan KNKT

"Mereka gak menuntut subsidi BBM, tapi mereka bisa membangun kapal dengan kredit lunak," tambahnya.

Dengan begitu, dia mengatakan bahwa pemerintah dapat melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap kapal tersebut sehingga unsur keselamatannya dapat terpenuhi.

Adapun dia menilai bahwa saat ini kapal-kapal tradisional dan rakyat dari sisi pemenuhan keselamatan belum dapat memenuhi kriteria keselamatan terlebih lagi terhadap masalah cuaca.

Mengenai masalah cuaca, dia juga meminta pelayaran Indonesia dalam hal ini pelabuhan dilengkapi dengan kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dapat memberikan panduan terkait cuaca.

"Bahwa cuaca demikian dinamisnya sekarang ini tidak bisa kita melakukan prakiraan cuaca kalau tidak menggunakan teknologi. Kami harapkan ada kantor-kantor BMKG di setiap pelabuhan," katanya.

Selain itu, KNKT juga meminta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) terus memaksimalkan layanan radio pantai ntuk memberikan edukasi serta sosialisasi kepada awak kapal.

"Untuk itu kami minta teman-teman dari syahbandar untuk mengaktifkan lagi stasiun radio pantai utk bisa memberikan peringatan cuaca buruk kepada kapal-kapal yang sedang dan akan berlayar," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini