Share

Menhub Blakblakan Tantangan Sektor Logistik Indonesia, Resesi Salah Satunya

Heri Purnomo, MNC Portal · Selasa 08 November 2022 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 320 2703527 menhub-blakblakan-tantangan-sektor-logistik-indonesia-resesi-salah-satunya-pxCBpz7ygJ.jpg Menhub Soal Tantangan Logistik Indonesia. (Foto: Okezone.com/BKIP)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan sektor logistik dalam dua tahun terkahir hingga tahun depan akan mengalami banyak tantangan. Menhub memprediksi ancaman resesi di 2023 akan berakibat terhadap melemahnya sektor logistik di Indonesia.

"Kita menyadari bahwa tantangan yang dihadapi para pelaku Industri logistik hari ini sangatlah besar. Dimulai adanya pandemi Covid-19, hiingga adanya ancaman resesi global yang diperkirakan akan memperlambat laju perekonomian di tahun depan," katanya saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Bisnis Indonesia Logistics Forum & Awards 2022, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Proyeksi Industri Logistik di 2022, Simak Tantangannya

Menhub mengatakan, turunnya daya beli akan berdampak terhadap arus distribusi barsng dan jasa di sektor logsitk Indonesia.

Oleh sebab itu, Menhub menekankan perlunya langkah antisipasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi di tahun depan dalam sektor logistik.

Hal itu dikarenakan, sektor logistik berperan penting dalam upaya untuk menciptakan Industri dan perekonomian yang kompetitif serta untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Tekan Biaya Logistik, Waktu Tempuh di Jalan Ditargetkan 1,9 Jam per 100 Km

"Salah satunya dengan menetapkan regulasi yang mendukung logistik. Dimana kitta belajar dari pandemi covid 19 yang lalu, Kemenhub tidak melakukan pembatasan terhadap aktivitas logistik demi terpenuhinya kebutuhan seluruh masyarakat," katanya.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Menhub mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendoronh sektor logistik melalui kosep pembangunan multi moda transportasi yang memiliki tiga progrmt, yakni tol laur, angkutan perintis darat serta jembatan udara.

"Keterpaduan tersebut diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan yang besar dalam jalur logistik, diantaranya serta menurunkan disparitas harga antara wilayah barat dan timur," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini