Share

Telkom Manfaatkan Metaverse untuk Bisnis dan Pelatihan

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 320 2712759 telkom-manfaatkan-metaverse-untuk-bisnis-dan-pelatihan-zj48at4SMU.jpg Telkom Memanfaatkan Metaverse untuk Bisnis. (Foto: Okezone.com/Telkom Digital)

JAKARTA - Setidaknya ada 3 kegiatan yang saat ini dilakukan Telkom Indonesia dengan mengadopsi metaverse. Demikian disampaikan Deputy EVP Digital & Technology Platform Bussiness, PT Telkom Indonesia, Ery Punta Hendraswara dalam acara Indonesia Digital Conference 2022.

"Jadi yang kami bikin ini sesuatu yang sudah deliver, bukan sesuatu yang diangan-angan bahwa kita masuk metaverse, tidak, kita sudah (punya), kita akan terus berkembang," kata Ery dalam acara Indonesia Digital Conference, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Pasar Metaverse Diprediksi Tembus Rp11,2 Triliun

Ery mengatakan metanesia, platform metaverse Telkom, sudah bisa digunakan untuk masyarakat ketika mencoba pengalaman menggunakan metaverse milik Telkom.

Menurutnya, Telkom mulai memanfaatkannya metaverse untuk beberapa keperluan bisnis dan pelatihan. Mulai dari pembuatan car show room, konser musik hingga pelatihan untuk para teknisi Telkom.

Baca Juga: Telkom Siapkan Metaverse Sendiri dengan Nama metaNesia

"Kita melakukan training teknisi kita di lapangan, jadi sebelumnya mereka ke lapangan kita latih, terutama untuk yang sifatnya high risk seperti tower maintenance," sambungnya.

Pelatihan menggunakan metaverse ini menjadi hal yang sangat penting untuk memahami risiko kerja sebelum para teknisi terjun langsung ke lapangan.

"Bisa dibayangkan mereka sudah naik tower yang tingginya puluhan meter, kemudian kadang lupa membawa kunci, kan membuat pengerjaan jadi lebih lama," sambungnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Bukan hanya itu, ada beberapa kegiatan lain yang sudah menggunakan metaverse, mulai dari upacara 17 Agustus, konser musik, car show room,.sampai perayaan hari pahlawan menggunakan metaverse.

"Itu semua kita lakukan di Telkom, dan itu legal secara aturan ketentuan di Telkom," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini