Share

Mengenal Papan Perdagangan Ekonomi Baru BEI, 3 Emiten Ini Langsung Dipindahkan

Anggie Ariesta, MNC Portal · Kamis 22 Desember 2022 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 22 278 2732034 mengenal-papan-perdagangan-ekonomi-baru-bei-3-emiten-ini-langsung-dipindahkan-DzzXGZTt71.JPG Papan Baru BEI. (Foto: BEI)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan papan pencatatan baru, yaitu papan ekonomi baru alias new economy pada Senin, 5 Desember 2022 lalu.

Papan ekonomi baru merupakan papan pencatatan untuk mencatatkan saham dari perusahaan yang menggunakan teknologi.

Di mana ini untuk menciptakan inovasi produk dan jasa yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta memiliki pemanfaatan sosial dan memiliki tingkat pertumbuhan tinggi.

 BACA JUGA:BEI Siapkan Papan Pemantauan Khusus Lindungi Investor, Begini Sistemnya

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 1 BEI Adi Pratomo mengatakan, papan ekonomi baru ini posisinya setara dengan papan utama sebelumnya.

Sehingga perusahaan tercatat di papan ekonomi baru ini juga merupakan perusahaan yang memenuhi seluruh persyaratan untuk dicatatkan di papan utama.

Follow Berita Okezone di Google News

"Namun juga turut memenuhi kriteria karakteristik tertentu yang disebutkan tadi seperti penggunaan teknologi. Tujuannya, dari sisi perusahaan tercatat itu adalah mengakomodasi perkembangan perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan menciptakan inovasi dan juga memberikan segmentasi khusus bagi perusahaan tercatat dengan tujuan untuk meningkatkan perlindungan investor dalam menentukan strategi atau menentukan investasi dan juga bisa sebagai branding," ujar Adi dalam segmen Market Buzz Power Breakfast IDX, Kamis (22/12/2022).

Sementara itu, ada 3 saham yang pindah dicatatkan dari papan utama ke papan ekonomi baru, yakni saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), dan saham PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli.

Menurut Adi, untuk perusahaan ini memang khusus dicatatkan di papan ekonomi baru dipisahkan dengan papan utama.

Secara sifat sama, untuk indeks pun ikut di dalam indeks papan utama tersebut.

Dikatakan setara, adapun syarat utama masuk papan ekonomi baru harus memenuhi persyaratan pencatatan di papan utama, kemudian mengikuti persyaratan yang ada di peraturan 1Y dimana karakteristik khusus diantaranya menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi, memiliki kemanfaatan sosial dan pertumbuhan yang tinggi.

"Tidak menutup kemungkinan nanti kalau ada perusahaan tercatat baru yang berbasis teknologi nanti bisa juga tercatat di sini, tapi untuk pertama ini kami mencatatkan 3 dulu dan mungkin kedepannya untuk mengakomodir perusahaan yang masuk ekonomi baru tersebut," pungkasnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini