Rizal Ramli Ingin Reklamasi Pulau C,D, dan N Dibongkar

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 470 1429636 rizal-ramli-ingin-reklamasi-pulau-c-d-dan-n-dibongkar-26DKMuQtTI.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Usai memutuskan untuk membatalkan proyek reklamasi pada Pulau G di Teluk Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta proyek reklamasi Pulau C, D, dan N dibongkar.

Alasannya, kata Rizal, hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah, proyek reklamasi tersebut hanya berlandasan keuntungan semata, tanpa mementingkan ekosistem yang ada disekitar proyek tersebut. (Baca juga: Rizal Ramli: Proyek Reklamasi Hanya Ambil Untung Saja)

Pengembangan Pulau C dan D tidak sesuai dengan aturan, di mana jarak pemisahan dua pulau tersebut dengan sebuah kanal dengan spesifikasi yang ditentukan. Seharusnya, dipisahkan kanal selebar 100 meter dan sedalam delapan meter.

"‎Kalau ada banjir, air banjir bisa langsung pindah ke laut bebas dan sebagainya," kata Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Rizal menyebutkan, keuntungan yang didapat dari proyek reklamasi di Pulau C dan D berkisar antara Rp15 juta sampai Rp25 juta per meter. "‎Jadi demi keuntungan yang besar, mereka korbankan lingkungan hidup, arus lalu lintas kapal, flat control, meningkatkan risiko banjir," tambahnya.

Rizal mengakui, biaya pembongkaran proyek tersebut sangat mahal, namun sesuai dengan aturan yang berlaku dan demi ekosistem yang harus terjaga maka proyek reklamasi tersebut harus tetap dibongkar. (Baca juga: Rizal Ramli Hentikan Pembangunan Pulau G di Teluk Jakarta)

Untuk Pulau N, kata Rizal, pembangunan yang diperuntukan pembangunan Pelabuhan Kalibaru milik PT Pelindo II, banyak dilakukan pelanggaran teknis yang dilakukan pengembangan, yang ujung-ujungnya berdampak pada kerusakan lingkungan hidup.

"Nah tetapi, setelah kami kami enforce, dengan bu Susi dan yang lain, pengembangnya bersedia bongkar, sekarang sebagian sudah dilakukan," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini