Image

Jokowi Sindir Habis-habisan Ruwetnya LPJ: Laporan Bertumpuk-tumpuk, Apa Dibaca?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 12:28 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 14 320 1775735 jokowi sindir habis habisan ruwetnya lpj laporan bertumpuk tumpuk apa dibaca EMHrEn3JHL jpg Jokowi (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Laporan pertanggungjawaban atau surat pertanggungjawaban (SPJ) yang bertumpuk selama ini harus dikerjakan oleh pegawai pemerintah. Bahkan, berdasarkan temuan Jokowi, tak jarang pegawai pemerintah lembur hanya untuk menyelesaikan SPJ.

 Baca juga: LPJ Beranak Pinak, Presiden Jokowi: Mau Kerja atau Buat Laporan?

"Coba bupati, wali kota, lihat kepala dinas kita, kepala sekolah kita, sampai tengah malam. Saya tanya apa itu yang dikerjakan, 'SPJ Pak', coba dicek aja ke kepala sekolah," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Ketika meninjau secara langsung ke lapangan, Jokowi awalnya berpikir bahwa para pegawai pemerintah ini cukup rajin karena bekerja hingga larut malam. Jokowi awalnya berpikir bahwa kepala sekolah yang bekerja hingga larut malam bertujuan untuk mempersiapkan proses belajar mengajar.

 Baca juga: Singgung Banyaknya Aturan, Jokowi: Pagar Dibuat Tinggi, tapi Masih Bisa Dilompati!

Hanya saja, dugaan Jokowi salah. Lembur yang dilakukan ternyata adalah untuk menyelesaikan laporan keuangan. "70% pikiran dan tenaga kita habis untuk nyiapin SPJ," ujarnya.

Jokowi meminta agar para kepala daerah dari tingkat kabupaten hingga provinsi untuk meninjau hal ini. Jokowi pun menilai laporan keuangan yang bertumpuk-tumpuk ini sangat ruwet jika harus tetap dilanjutkan.

 Baca juga: Simak! Cerita Jokowi Nyaris Gaplok Kepala Dinas Perizinan

"Jangan sampai, bertumpuk-tumpuk laporan, Apa dibaca sih? Buat sajalah 2 atau 3 laporan, maksimal itu. Itu sudah maksimal untuk saya, ruwet, sudah," tegas Jokowi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini