nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Foto Peserta Ujian STAN dengan Sepatu Diikat Tali Rafiah, Ini Alasan di Baliknya

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 17:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 18 20 2080642 viral-foto-peserta-ujian-stan-dengan-sepatu-diikat-tali-rafiah-ini-alasan-di-baliknya-BhLmfS74Z9.png Foto: Viral Pakai Sepatu Tali Rafia (Twitter BKN)

JAKARTA - Bisa kuliah kedinasan seperti STAN merupakan impian banyak siswa dan orangtua. Hal itu sangat lumrah, sebab menempuh pendidikan kedinasan sangat banyak keuntungannya. Tetapi jangan salah, untuk bisa duduk di bangku sekolah kedinasan, para peserta ujian seleksi harus bertarung dengan gigih.

Seperti yang dialami salah satu peserta ujian PKN STAN asal Madiun. Dia datang ke tempat ujian dengan kondisi sepatu yang diikat dengan tali rafia. Sepatunya memang tampak usang, namun tidak dengan semangat peserta tersebut.

 Baca Juga: Viral Foto Peserta Seleksi STAN Pakai Sepatu Hitam Diikat Pakai Tali Rafia

Kondisi itu pun tertangkap kamera dan diposting oleh akun resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di sosial media Twitter. Para penduduk Twitterland pun banyak yang mengomentari foto tersebut dengan iringan doa, agar siswi bisa lulus ujian.

Fenomena itu menimbulkan sebuah pertanyaan, mengapa sekolah kedinasan selalu banjir peserta?

Menurut Kepala Subbagian Administrasi Kerjasama dan Kehumasan PKN STAN Inwan Hadiansyah ada banyak alasan mengapa sekolah kedinasan selalu banjir peserta. Namun para peserta memiliki motivasi yang berbeda-beda.

"Di antaranya ikatan dinas, mahasiswa yg telah menyelesaikan kuliah di PKN STAN akan diangkat menjadi ASN sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan biaya kuliah yang gratis," ujarnya kepada Okezone, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

 Baca Juga: Viral Foto Peserta Ujian STAN Gunakan Sepatu Usang Bertalikan Rafia, Siapa Dia?

Berdasarkan catatan PKN STAN, hingga penutupan pendaftaran pada tanggal 7 Mei 2019 tercatat 136.624 pendaftar yang melakukan kunci data. Angka ini menjadikan PKN STAN sebagai perguruan tinggi kedinasan dengan pendaftar terbanyak di portal BKN selama empat tahun berturut-turut.

"Kuota penerimaan sesuai dengan pengumuman direktur adalah 3.000 mahasiswa," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tengah terjadi viral berupa foto peserta seleksi STAN dengan kondisi diikat tali rafia.

"Sepatu yang tak sempurna bukan menjadi halangan bagi seorang peserta #SPMBPKNSTAN2019 yang berasal dari Madiun di Tilok Yogyakarta ini. Semangatnya mengalahkan rasa lelah mimin yang sedang bertugas," demikian seperti dikutip dari akun resmi BKN.

Viral sepatu dengan tali rafia itu bukan hoax, melainkan diposting secara resmi di akun resmi Twitter BKN pada 8 Juli 2019 lalu. Namun, justru foto itu menjadi viral belakangan, diduga banyak yang menyebarluaskan info serupa.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini