Share

Disebut Jokowi, Ini Daftar Orang Kaya dari Pertambangan

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Okezone · Kamis 21 November 2019 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 320 2132676 disebut-jokowi-ini-daftar-orang-kaya-dari-pertambangan-aictsrZjVu.jpg Orang Kaya dari Pertambangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan, orang-orang terkaya di Indonesia banyak yang berasal dari sektor pertambangan. Hal ini dibuktikan dengan 5 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2018 berasal dari sektor pertambangan.

Sektor pertambangan menjadi ladang untuk orang-orang kaya karena kebutuhan batu bara di Tanah air. Seperti yang kita tahu, sumber energi listrik di negara ini berasal dari batu bara. Listrik merupakan sesuatu yang kita gunakan setiap detiknya, maka dari itu negara ini membutuhkan banyak batu bara.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Orang-Orang Kaya Berasal dari Pertambangan

Melansir Forbes, berikut ini 5 orang terkaya di Indonesia yang berasal dari sektor pertambangan:

5. Edwin Soeryadjaya Miliki Kekayaan Rp9,2 Triliun

Edwin Soeryadjaya adalah putra mendiang William Soeryadjaya, pendiri perusahaan Astra International. Pria yang berusia 70 tahun ini menjual sahamnya di Astra pada tahun 1992 untuk menjamin Bank Summa.

Hal ini membuatnya bangkrut. Bangkit dari keterpurukan, dia bangun kembali kekayaan keluarganya dengan membangun perusahaan induk Saratoga Investama Sedaya pada tahun 1997. Saat ini, kekayaannya mencapai USD660 juta atau setara Rp9,2 triliun (kurs Rp14.071)

Baca Juga: Dorong Hilirasasi, Presiden Jokowi Pede Masalah Neraca Dagang Bisa Kelar

4. Arini Subianto Miliki Kekayaan Rp9,3 Triliun

Ketika raja minyak Indonesia Benny Subianto meninggal pada Januari 2017, anak perempuannya yang tertua, Arini, mengambil alih kendali perusahaannya. Arini Subianto menjadi direktur utama perusahaan keluarganya, Persada Capital Investama. Saat ini kekayannya mencapai USD665 miliar atau Rp9,3 triliun.

Saat ini, Arini bertugas mengawasi investasi perusahaanya pada produk olah kayu dan kelapa sawit untuk mengolah karet dan batu bara. Perusahaan miliknya ini menanamkan sahamnya sebesar 11% di perusahaan raksasa batubara Adaro Energy.

 Tambang

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

3. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono Miliki Kekayaan Rp12,8 Triliun

Lim dan keluarganya memiliki lebih dari setengah produsen minyak sawit di perusahaan Bumitama Agri. Saat ini, dikabarkan kekayaannya mencapai USD910 juta setara Rp12,8 triliun (kurs Rp14.071). Kini, anaknya yang bernama Lim Gunawan Hariyanto menjadi CEO Bumitama Agri.

 

2. Garibaldi Thohir Miliki Kekayaan Rp23,4 Triliun

Garibaldi Thohir adalah CEO dan pemegang saham utama Adaro Energy, salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia. Saat ini kekayaannya mencapai USD1,76 miliar atau Rp23,4 triliun.

Dia pertama kali mengakuisisi saham di Allied Indocoal dalam bentuk joint venture dengan perusahaan Australia. Kemudian, bersama dengan mitranya, mereka membeli perusahaan Adaro pada tahun 2005.

Pria yang memperoleh magister di Northrop University ini juga memiliki saham di Hutchison 3 Indonesia, perushaan yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia.

 Tambang

1. Low Tuck Kwong Miliki Kekayan Rp35,1 Triliun

Dikenal sebagai raja batu bara, Low Tuck Kwong adalah pendiri Bayan Resources, sebuah perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia. Saat ini kekayaannya mencapai USD2,5 miliar atau setara Rp35,1 triliun.

Dia juga mengendalikan perusahaan pelayaran Singapura, Manhattan Resources dan memiliki bunga pinjaman di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.

Low juga mengelola SEAX Global, yang sedang membangun sistem kabel laut bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia dan Malaysia.

Tambang

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini