Sri Mulyani Angkat Mantan Deputi Gubernur BI Jadi Tenaga Ahli Bidang Jasa Keuangan

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 20 2161527 sri-mulyani-angkat-mantan-deputi-gubernur-bi-jadi-tenaga-ahli-bidang-jasa-keuangan-3E5r6kcvFg.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Kemenpan RB)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengangkat mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara sebagai Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan. Dirinya juga menunjuk Kiki Verico sebagai Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Industri dan Perdagangan Internasional.

Sri Mulyani mengatakan, pengangkatan Mirza merupakan keputusan tepat. Karena tugas Kementerian Keuangan di dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) sangat penting.

Baca Juga: Lantik 3 Staf Ahli, Sri Mulyani: Laksanakan Tugas dengan Baik dan Tanggung Jawab

"Maka itu kami berharap dengan hadirnya Mirza bakal menjadi jembatan yang makin baik untuk bisa meningkatkan kapasitas di lingkungan Kementerian Keuangan," ujar dia, di Gedung Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Seperti diketahui, Mirza Adityaswara merupakan mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Sedangkan Kiki Verico sebelumnya mengemban tugas sebagai Wakil Kepala Bidang Penelitian di LPEM FEB UI pada awal Januari 2016.

Baca Juga: Soal Pembelian Kapal Patroli, Ini Kata Kemenkeu

Sri Mulyani jug menilai, Kiki Verico memang berpengalaman di bidang industri dan perdagangan internasional. Hal itu terlihat dari keinginannya untuk melakukan transformasi ekonomi.

"Memang heavy-nya sekarang bagaimana kebijakan fiskal bisa mendorong dan terus meningkatkan industrialisasi. Jadi kita juga harus melihat seluruh tools, insentif dukungan tapi juga harus review mana yang efektif supaya kita memiliki konten pemikiran yang makin baik. Dan desain policy yang makin baik," kata dia.

Dia juga memastikan pengangkatan kedua orang ini bukan karena namanya sudah populer di publik. Jadi tidak memanfaatkan kepopuleran.

"Yang terpenting bagaimana mereka bisa sama-sama membantu dalam menjalankan tugas," tandasnya.

Selain mengenalkan dua tenaga ahli, Sri Mulyani ini juga juga mengenalkan lima Staf Khusus Menteri Keuangan, di antaranya adalah Mohamad Al-Arief sebagai Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis. Bobby Achirul Awal Nazief sebagai Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Sistem Informasi dan Teknologi.

Selain itu ada Masyita Crystalin sebagai Staf Khusus Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi. Selanjutnya Titik Anas sebagai Staf Khusus Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional dan Candra Fajri Ananda sebagai Staf Khusus Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Sektoral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini