Di Bawah Rata-Rata, Stok Infrastruktur Indonesia Masih Jauh dari Negara Lain

Ferdi Rantung, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 320 2244864 di-bawah-rata-rata-stok-infrastruktur-indonesia-masih-jauh-dari-negara-lain-Rt5BaSP4uL.jpg Infrastruktur (Okezone)

JAKARTA - Sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus utama di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas dan merangsang pertumbuhan ekonomi di pelbagai wilayah tanah air.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengungkapkan stok infrastruktur Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) masih jauh dibawah standar global. Hingga 2019 stok infrastruktur Indonesia masih dibawah 50 persen.

 Baca juga: Konsep Dana Jangka Panjang Fleksibel Danai Proyek Strategis Nasional, seperti Apa?

"Berdasarkan data Bappenas dalam 5 tahun terakhir stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB, dari 35 persen pada 2015 menjadi 43 persen di awal 2019," Kata Eko dalam diskusi secara virtual, Sabtu (11/7/2020)

Meski naik, lanjut Eko, angka itu masih jauh dari rata- rata stok infrastruktur di negara-negara lainnya yang mencapai sebesar 70 persen. Dari laporan World Economic Forum, mencatat posisi daya saing infrastruktur Indonesia terhadap negara - negara di ASIA menduduki peringkat 72 dari 140 negara.

 Baca juga: Fokus Piala Dunia U-20 pada 2021, Menteri Basuki Kebut Proyek Stadion hingga Pasar

Sementara dalam wilayah ASEAN dan China posisis indeks daya saing infrastruktur Indonesia berada di peringkat 5 setelah, Singapura, Malaysia, China dan Thailand.

"Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Indonesia mutlak membutuhkan percepatan pembangunan infrastruktur yang masif dan terdistribusi merata." tandasnya

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini