7 Lokasi Potensial Jual Produk Usaha Rumahan, Nomor 5 Tak Disangka

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 320 2245142 7-lokasi-potensial-jual-produk-usaha-rumahan-nomor-5-tak-disangka-Odiw0poYIN.jpeg Memulai Usaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tidak perlu bingung untuk memasarkan produk rumahan. Pasalnya sejumlah tempat seperti toko hingga supermarket bisa menjadi sasaran utama.

Seperti yang dijelaskan dalam buku 38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta karya Yuyun A, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Berikut beberapa tempat yang dinilai berpotensial sebagai alternatif bisnis rumahan.

1. Outlet Spesialis

Outlet spesialis saat ini banyak berkembang di sejumlah kota besar. Dikhususkan menjual snack dan oleh-oleh khas dari suatu daerah. Toko ini hanya menjual snack yang diproduksi pengusaha rumahan hingga pabrik besar.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakai Duit Pesangon yang Minim Risiko, Untungnya Gede 

2. Supermarket

Sebelum memutuskan bekerja sama dengan supermarket atau swalayan jaringan, pastikan standar mutu dan sanitasi harus terjamin dan mendapatkan izin edar makanan dari dinas kesehatan. Keuntungan dari kerjasama dengan supermarket ini adalah menghemat biaya promosi karena pengenalan merk menjadi tanggung jawab swalayan seutuhnya. Selain itu, dapat menjual produk dengan merk sendiri.

3. Hipermarket

Sama halnya dengan standar mutu dan sanitasi oleh supermarket, Hypermarket juga dituntut harus memiliki barang dengan standar tersebut. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah modal putaran yang besar karena permintaan yang produk yang bisa saja dalam jumlah besar. Bisnis yang dapat dilakukan adalah dalam bentuk retail maupun suplai produk makanan dalam bentuk bulk (kiloan).

4. Lapak Pasar Tradisional

 

Lapak merupakan sarana tradisional bagi pengepul makanan dan minuman yang akan dijual melalui agen atau pedagang keliling. yang "kulak" Kekuatan lapak pasar tradisional ini adalah dapat mengenalkan dan menyimpan produk agar tidak diketahui atau dibeli agen.

Baca Juga: Bingung Jualan Apa? Cobain Nih 10 Bisnis Bermodal Kecil 

5. Pedagang asongan

Sistem kerja sama dengan pedagang asongan merupakan sarana yang efektif dan cepat. Karena penyebaran barang lebih cepat karena setiap hari menawarkan produk kepada konsumen. Perlu diperhatikan, dalam segi kemasan. Diusahakan kemasan menarik agar minat konsumen lebih tertarik dan mudah diingat.

6. Toko Kue

Toko yang khusus menjual kue basah atau kering ini juga sangat menguntungkan. Jika barang dagangan banyak peminat, pemilik toko biasanya berani membayar tunai atas produk, namun jika sebaliknya biasanya pemilik toko akan menetapkan sistem konsinyasi (Pembayaran sesuai banyak produk yang laku).

7. Outlet sendiri

 

Membuat gerai atau outlet merupakan hal yang paling ideal dilakukan untuk menjual produk home industry. Dengan membuka outlet, tentunya akan lebih fokus dalam menjual produk.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini