Strategi Hadapi Persaingan Bisnis, Nomor 3 Jadi Senjata Andalan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245533 strategi-hadapi-persaingan-bisnis-nomor-3-jadi-senjata-andalan-tIO2x7gI8U.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Punya saingan dalam berbisnis adalah hal yang lumrah. Saingan bisa jadi ancaman bagi pengembangan binsis. Apalagi kalau bisnis yang dijalankan dalam lingkup yang sama.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisnis kita aman dari ancaman para pesaing. Misalnya adalah membuat ciri khas pada produk yang kita pasarkan.

Melansir buku 99 Bisnis anak muda karya Malahayati, Hendry E. Ramdhan, Senin (13/7/2020) berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menghindari saingan bisnis:

1. Fokuskan niat

Ingat terus akan niat berbisnis dari awal. Terus lakukan sejumlah niat untuk selalu berkreasi dan berinovasi. Halangan, pesaing tidak akan dianggap sebagai masalah atau ancaman besar jika tujuan sudah benar.

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

2. Pelajari dan pahami

Tidak ada salahnya untuk belajar dari pesaing. Sifat rendah hati dibutuhkan dalam berbisnis guna mencari ilmu dari pesaing yang ada. Setelah mengetahui trik untuk sukses bagi pesaing, cara pribadi yang menjadi khas dalam usaha bisa dijadikan peluang untuk maju.

3. Buat ciri khas

Ciri khas sangat penting. Konsumen biasanya akan mengingat suatu brand berdasarkan pengalaman dan ciri khas brand tersebut. Di antaranya, ciri khas tersebut bisa ditonjolkan pada packaging, pelayanan, bentuk produk, rasa, tempat usaha atau promosi.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakai Duit Pesangon yang Minim Risiko, Untungnya Gede

4. Inovasi tanpa henti

Berinovasi dengan hal-hal baru tidak menjadi masalah. Apalagi hasil inovasi tersebut membuahkan hasil yang baik bagi usaha yang dijalankan. Berinovasi dan berpikiran kreatif wajib hukumnya bagi pelaku usaha.

5. Bekerja sama

Bekerja sama dengan potensi individu lain agar menjadi lebih kuat kenapa tidak? Tidak ada salahnya untuk mencoba. Bentuknya bisa dalam hal standarisasi harga, memberikan informasi barang yang tidak dimiliki oleh pesaing, atau bersedia menitipkan dagangan rekan di tempatnya dengan prinsip sama-sama untung.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini